Langsung ke konten utama

BERBAGAI BUDAYA LOKAL, PENGARUH BUDAYA ASING DAN HUBUNGAN ANTAR BUDAYA Perbedaan Budaya Lokal Dan Budaya Nasional

BERBAGAI BUDAYA LOKAL, PENGARUH BUDAYA ASING DAN HUBUNGAN ANTAR BUDAYA

Allow, bertemu kembali di "Indonesia Dalam Berita", pada kali ini akan membawa pembahasan mengenai perbedaan budaya lokal dan budaya nasional BERBAGAI BUDAYA LOKAL, PENGARUH BUDAYA ASING DAN HUBUNGAN ANTAR BUDAYA simak selengkapnya.

AliExpress.com Product - Ocstrade Summer Sexy Rayon Bandage Dress 2019 New Arrivals Mesh Insert Women Bandage Dress Black Party Night Club Bodycon Dress

BERBAGAI BUDAYA LOKAL, PENGARUH BUDAYA ASING DAN HUBUNGAN ANTAR BUDAYA

BAB I. PENDAHULUAN

  1. Apa yang Dipelajari?

Modul ini bakal membawakan kalian untuk menandai berbagai budaya lokal, pengaruh budaya berbeda dan hubungan antar budaya. Adapun ruang lintup barang mencakup : pemahaman budaya dan budaya lokal, unsur-unsur budaya, neko-neko budaya lokal di Indonesia, buah masuknya budaya berbeda dan hubungan antar budaya.

Modul ini berangkaian dengan modul lainnya adalah keanekaan budaya yang ada di asosiasi domestik pada kaitannya dengan budaya nasional. Hasil belajar yang bakal kalian memperoleh sehabis mempertimbangkan modul ini diharapkan bakir :

  1. Menjelaskan pengertian budaya.

  2. Menjelaskan pengertian budaya lokal.

  3. Menjelaskan unsur-unsur budaya.

  4. Mengidentifikasikan macam-macam budaya lokal di Indonesia.

  5. Mengidentifikasikan dampak masuknya budaya asing.

  6. Mengidentifikasi hubungan antar budaya.

Adapun arti yang bakal kalian peroleh sehabis menguasai kompetensi alas ini belakang di dunia kerja ialah :

  1. Memahami budaya kerja yang berlaku di tempat kerja.

  2. Dapat bersikap dan bertindak bertemu dengan budaya kerja yang berlaku di tempat kerja.

  1. Mari Mengecek Kemampuan Awal Kalian!

Isilah titik-titik di kolong ini dengan reaksi yang tepat !

    1. Manusia makhluk ciptaan Tuhan yang amat sempurna karena dilengkapi dengan akal, fuad dan kehendak yang ada atas jiwa bani Adam sehingga manusia disebut sebagai makhluk … .

    2. Manusia dapat menilai berbagai fakta, peristiwa atau sesuatu yang dianggap baik dan adil dan makbul sebagai nilai fakta atau nilai kenyataan kejadian ini memberitahukan bani Adam memegang … .

    3. Perasaan religius ialah perasaan yang berangkaian dengan … .

    4. Kebudayaan merupakan hasil dari … , … dan … .

    5. Manusia dan kebudayaan melambangkan eka kesatuan yang sangat baik sehingga disebut sebagai … .

    6. Budaya yang atas umumnya bersifat konvensional kuno dan masih dipertahankan dinamakan … .

    7. Unsur-unsur kebudayaan universal terdiri dari … unsur.

    8. Kebudayaan manusia bersifat bergairah karena acap mengalami … .

    9. Penetrasi budaya melahirkan pengaruh kebudayaan berbeda sedemikian rupa sehingga melahirkan alterasi kebudayaan secara besar-besaran dalam waktu … .

    10. Proses penyebaran atau absorpsi satu anasir kebudayaan dari eka paksa kepada paksa asing dinamakan … .

BAB II PEMBELAJARAN

  1. Bagaimana Rencana Belajar Siswa?

Siswa diharapkan bakir melaksanakan agenda belajar yang mencakup hal-hal beserta ini.

1. Jenis kegiatan : fasih dan membedah barang secara perseorangan dan kelompok

2. Jam : disesuaikan hal arloji pembelajaran, sekitar 10 arloji (5 x pertemuan)

3. Tempat Pencapaian : disesuaikan hal di bagian dan di perpustakaan

  1. Apa Kegiatan Belajarnya?

    1. Menyimak tentang pemahaman budaya, budaya lokal dan unsur-unsur budaya.

    2. Berdiskusi tentang neko-neko budaya lokal di Indonesia.

    3. Diskusi kelompok atas buah masuknya budaya asing.

    4. Tugas kelompok atas contoh hubungan antar budaya.

Rangkuman

  1. Manusia makhluk beradab karena memegang akal, fuad dan kehendak.

  2. Kebudayaan berasal dari budi Sansekerta yang berguna budi atau akal. Kebudayaan ialah hasil dari cipta, melalui dan karsa manusia.

  3. Manusia dan kebudayaan melambangkan dwi ahad karena keduanya tidak bisa dipisahkan eka sama lainnya, dimana ada sekelompok bani Adam alkisah di situ ada kebudayaan yang dihasilkan.

  4. Kebudayan berguna bagi bani Adam atau asosiasi untuk melindungi awak terhadap alam, mengatur hubungan antar bani Adam dan sebagai wadah dari segenap perasaan manusia.

  5. Kebudayan yang bernapas dan berkembang atas genus anak di saban alam disebut kebudayaan lokal.

  6. Kebudayan menurut wujudnya digolongkan jadi tiga ala adalah :

    1. kebudayaan berwujud abstrak

    2. kebudayaan berwujud konkret; dan

    3. kebudayaan berwujud benda (fisik).

  7. Unsur-unsur pokok kebudayaan yang sama bisa dijumpai atas saban kebudayaan di dunia dinamakan kebudayaan universal (cultural universal)

  8. Tujuh unsur pokok kebudayaaan universal

    1. sistem religi dan apel keagamaan

    2. sistem dan badan kemasyarakatan

    3. sistem pengetahuan

    4. bahasa

    5. sistem kesenian

    6. sistem mata pencaharian bernapas dan

    7. sistem teknologi dan peralatan

  9. Dampak masuknya budaya berbeda jarak asing :

    1. terjadi perubahan kebudayaan

    2. pembauran kebudayaan

    3. modernisasi

    4. keguncangan budaya

    5. penetrasi budaya

    6. memperkaya keberagaman budaya

    7. melemahnya nilai-nilai budaya bangsa

  10. Hubungan antar budaya bisa berjalan dengan :

    1. difusi

    2. akulturasi

Lembar Kerja!

Pengaruh budaya berbeda saat ini sangat gencar terhadap kebudayaan nasional.

Pertanyaan :

  1. Berilah 3 contoh pengaruh budaya asing.

  2. Sebutkan dampak yang ditimbulkan akibat masuknya budaya asing!

  3. Upaya apakah yang harus kita buat agar pengaruh budaya berbeda tidak merusak kebudayaan anak Indonesia!

Lakukan konferensi masing-masing kelompok yang terdiri dari 5 orang.

Hasil konferensi dikumpulkan seminggu kemudian!

Mari Mengerjakan Tugas!

  1. Identifikasikan pengertian budaya lokal menurut pemahaman kalian sendiri.

  2. Identifikasikan berbagai contoh budaya lokal yang ada di lingkungan kalian tinggal.

BAB III EVALUASI

  1. Soal Pilihan!

Berilah atribut palang (x) atas huruf a, b, c, d atau e atas reaksi yang tepat!

    1. Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang amat sempurna. Kesempurnaan tersebut karena dilengkapi si inventor dengan akal, fuad dan kehendak sehingga bani Adam disebut sebagai makhluk … .

      1. berbudaya

      2. sosial

      3. individu

      4. penguasa

      5. sempurna

    2. Istilah sing yang sama artinya dengan kebudayaan ialah … .

    3. Kebudayaan merupakan hasil dari … .

      1. akal sebagai daya cipta

      2. nurani sebagai daya rasa

      3. cipta karsa dan melalui manusia

      4. tindakan manusia

      5. pengetahuan manusia

    4. Menurut Koentjaraningrat kebudayaan ialah keseluruhan bentuk gagasan, tindakan dan hasil karya bani Adam pada rangka kehidupan asosiasi yang dijadikan milik dari bani Adam dengan … .

      1. bekerja

      2. belajar

      3. berbuat

      4. beriman

      5. berbudaya

    5. Manusia dan kebudayaan melambangkan eka kesatuan yang baik dan tidak bisa dipisahkan sehingga disebut … .

      1. universal

      2. tunggal ika

      3. dwi muka

      4. dwi tunggal

      5. petunjuk hidup

    6. Salah satu bukti kebudayaan ialah acap bersifat … .

      1. majemuk

      2. kompleks

      3. teratur

      4. statis

      5. dinamis

    7. Budaya lokal atas umumnya bersifat … .

      1. tradisional

      2. modern

      3. sentral

      4. nasional

      5. abstrak

    8. Wujud kebudayaan ideal (abstrak) dinamakan … .

      1. sistem sosial

      2. sistem budaya

      3. mentifak

      4. sosifect

      5. perilaku

    9. Isi dari sarwa kebudayaan yang ada di dunia ialah … .

      1. adat istiadat yang memegang nilai etika

      2. rangkaian aktivitas bani Adam pada masyarakat

      3. pola-pola integritas dari ahli masyarakat

      4. kebudayaan badaniah hasil karya manusia

      5. tujuh anasir pokok budaya universal

    10. Tondi, Sahala dan Begn melambangkan konsep kepercayaan konvensional kuno yang dianut genus anak … .

      1. Batak

      2. Minagkabau

      3. Sunda

      4. Jawa

      5. Bali

    11. Bentuk rumah adapt Inuasan, Joglo dan Serontong melambangkan budaya lokal dari … .

      1. Jambi

      2. Padang

      3. Jawa Tengah

      4. Bali

      5. Nusa Tenggara Timur

    12. Kaharingan merupakan system kepercayaan yang dianut akibat asosiasi … .

      1. Sawu

      2. Dayak

      3. Bali

      4. Bugis

      5. Dani

    13. Ugi merupakan budi alam yang dipergunakan akibat genus … .

      1. Dayak

      2. Sawu

      3. Bugis

      4. Makasar

      5. Dani

    14. Tsyem merupakan kediaman adat dari genus … .

      1. Dani

      2. Asmat

      3. Bugis

      4. Dayak Ngaju

      5. Dayak Piman

    15. Perubahan Kebudayaan bakal bepergian secara berjalan menerus bergantung atas ….

      1. dinamika masyarakatnya

      2. interaksi budaya

      3. sistem informasi dan komunikasi

      4. norma dan nilai sosial

      5. pola-pola kebudayaan

    16. Pembauran kebudayaan kala ini semakin dipercepat cingkat berlangsungnya … .

      1. perang dingin

      2. globalisasii

      3. kolonialisasi

      4. imperialisme

      5. modernisasi

    17. Proses perubahan asosiasi dan kebudayaan dari asosiasi dan kebudayaan tradisional ke asosiasi dan kebudayaan futuristik pada segala aspeknya disebut … .

      1. pembauran budaya

      2. perubahan budaya

      3. penetrasi budaya

      4. modernisasi budaya

      5. kegoncangan budaya

    18. Proses penyebaran atau absorpsi satu anasir kebudayaan dari eka paksa pada paksa asing dinamakan … .

      1. difusi

      2. penetrasi

      3. akulturasi

      4. amalgamasi

      5. asimilasi

    19. Proses difusi berlangsung dengan … .

      1. modernisasi

      2. perubaaan sosial

      3. cara kekerasan

      4. kontak dengan budaya asing

      5. meniru (imitasi)

    20. Proses akulturasi berlangsung pada jangka waktu … .

      1. cepat

      2. singkat

      3. terbata

      4. perlahan

      5. relatif lama

  1. Soal Uraian

Jawablah perbahasan di kolong ini dengan adil !

    1. Jelaskan pengertian kebudayaan menurut Selo Sumarjan!

    2. Jelaskan mengapa bani Adam dengan kebudayaan tidak bisa dipisahkan eka dengan lainnya!

    3. Diskusikan fungsi kebudayaan bagi kehidupan.

    4. Identifikasikan ciri-ciri kebudayaan.

    5. Diskusikan tiga wujud kebudayaan.

    6. Jelaskan unsur-unsur kebudayaan universal

    7. Berilah contoh 3 (tiga) ala budaya lokal di Indonesia.

    8. Identifikasikan dampak yang ditimbulkan dan masuknya budaya asing!

    9. Deskripsikan 3 (tiga) proses kejadian hubungan antar budaya.

    10. Identifikasikan faktor-faktor yang melahirkan anasir budaya berbeda mudah diterima!

MODUL 7

POTENSI KEBERAGAMAN YANG ADA DI MASYARAKAT SETEMPAT DALAM KAITANNYA DENGAN BUDAYA NASIONAL

BAB I PENDAHULUAN

Modul yang bakal kalian pelajari bakal membawakan kalian untuk memerikan energi keanekaan budaya yang ada di msyarakat domestik pada kaitannya dengan budaya nasional. Adapun ruang lintup barang mencakup : faktor-faktor penyebab keanekaan budaya, arti keanekaan budaya, contoh-contoh budaya lokal di asosiasi setempat.

Modul ini berangkaian dengan modul lainnya adalah berbagai pilihan penyelesaian hal akibat adanya keanekaan budaya. Hasil belajar yang bakal kalian memperoleh sehabis mempertimbangkan modul ini diharapkan bakir :

        1. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab keanekaan budaya.

        2. Menganalisis arti keanekaan budaya.

        3. Mendeskripsikan contoh-contoh budaya lokal di asosiasi setempat.

Adapun arti yang bakal kalian peroleh sehabis menguasai kompetensi alas pada modul ini sehabis belakang di dunia kerja ialah :

              1. Memahami bakal keanekaan budaya pada lingkungan kerja baik dalam cara hidup, sikap.

              2. Menghormati adanya keanekaan budaya di lingkungan pekerjaan

              3. Mematuhi budaya kerja

Mari Mengecek Kemampuan Awal kalian.

Berilah atribut cek (Ö) bertemu dengan reaksi yang benar!

No

Pernyataan

Ya

Tidak

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

Kehidupan asosiasi selalu berangkaian dengan kebudayaan..

Setiap genus anak mempunyai keunikan dan kekhasan budaya sendiri.

Antara eka alam dengan alam yang asing memegang lingkungan yang berparak sehingga memberi corak berparak pada keanekaan budaya.

Lingkungan sekitar sangat … bani Adam pada memenuhi kebutuhan dan keselamatan hidupnya.

Lingkungan bidang meliputi lingkungan kemasyarakatan dan lingkungan budaya.

Lingkungan bidang sangat mempengaruhi terhadap pembuatan kepribadian mandiri.

Masyarakat yang bernapas di alam gunung-gunung memegang cermin adaptasi pada bangun kediaman yang beratap tinggi dan memegang berlimpah jendela.

Kontak budaya dengan kebudayaan berbeda berjalan dengan anasir perdagangan, penyebaran agama dan peperangan.

Keberagaman budaya yang kita miliki melambangkan aset anak yang tidak ternilai harganya.

Tari Jaipong melambangkan gaya tari konvensional kuno dari daerah Jawa Tengah.

BAB II. PEMBELAJARAN

  1. Bagaiman Rencana Belajar Siswa?

Siswa diharapkan bakir melaksanakan agenda belajar yang mencakup hal-hal beserta :

1. Jenis Kegiatan : Memahami dan membedah barang secara perseorangan dan kelompok.

2. Jam : Disesuaikan hal arloji pembelajran, sekitar 8 arloji (4 x pertemuan)

3. Tempat Pencapaian : Disesuaikan hal di bagian dan di perpustakaan

  1. Apa Kegiatan Belajarnya

        1. Berdiskusi bagian atas keanekaan budaya beralaskan faktor-faktor penyebabnya.

        2. Berdiskusi bagian atas arti keanekaan budaya

        3. Tugas perseorangan atas contoh-contoh budaya lokal bertemu hal masyarakat setempat.

TAMBAHAN BAB 7

  1. Keberagaman kebudayaan

Alinea 1.

Manusia dengan akalnya menciptakan kebudayaan untuk melindungi awak dan memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya. Melalui kebudayaan lagi bani Adam memanfaatkan bidang untuk memenuhi kebutuhan makan, pakaian, obat-obatan, perumahan dan kebutuhan lainnya.

Manusia sebagai makhluk sosial, pada melakukan hubungan dengan perseorangan asing atau dengan kelompok asing bani Adam mempergunakan budaya bagaikan bahasa, beradab santun dan adat istiadat tertentu sehingga tercipta tata pergaulan yang harmonis dan berbalas-balasan berbicara sama.

    • kehidupan masyarakat …

2. Mengingat lingkungan bidang dan kemasyarakatan budaya bani Adam berparak eka sama asing maka

TAMBAHAN MATERI MODUL 7

Contoh Budaya lokal di masyarakat

              1. Tradisi Dugderan di Kota Semarang

Tradisi dugderan ikut menyemarakkan datangnya bulan puasa khususnya di Kota Semarang. Dengan mengusung warak ngendhog sebagai ikonnya, adalah binatang yang bentuknya menyerupai persilangan naga dan kuda yang dilengkapi dengan seuntil endhog (telur). Tak sekadar itu saja, keaktifan kapal dan othok-othok acap diidentikkan dengan budaya ini. Semua barang tersebut definit bakal sulit dijumpai di hari-hari biasa. Selain di sekitar Semarang, berlimpah lagi pedagang yang berasal dari luar kota sekadar untuk mengadu peruntungan. Diantaranya dari Brebes, Jepara, Sidoarjo, dan masih berlimpah lagi.

Sebagai warga Semarang, definit merasa bangga karena ada budaya unik yang patut untuk dilestarikan.

              1. Kentrung

Tradisi Lisan

Kentrung melambangkan salah eka jenis seni tutur atau budaya lisan yang berkembang di wilayah di Jawa. Lazimnya, kentrung dimainkan seorang dalang, didukung peranti tabuh bagaikan kendang, rebana, ketipung, atau jidor. Pada era keemasannya, dasawarsa 1970-1980-an, kentrung acap ditanggap untuk menyemarakkan hajatan pupak puser (puputan), kenduri bayi, mudhun lemah, atau khitanan. Namun belakangan, kentrung sebagai salah eka aset budaya asosiasi tidak pernah hilang. Hal itu amat bergantung atas ada atau tidak seniman yang melestarikan beserta dukungan asosiasi penonton sebagai pemilik aci keelokan tersebut. “Dhasare niku pengin nguri-uri. Eman-eman menawi kentrung ical. Dados, nggih ngentrung sakgaduk-gaduk kula.”

              1. Tradisi Nyadran di Ngipik, Desa Mayungsari Kecamatan Bener Purworejo

Area lading dan persawahan di Dusun Ngipik, Desa Mayungsari, Kecamatan Bener, Purworejo kemarin tidak bagaikan biasanya. Sepi dan lengang dengan semilir angin pagi yang menawarkan nafas kedamaian dari alam di terbis perbukitan tersebut.

Di silang empat dekat rumah desa, jalan konblok mengabah makam tampak berisik orang. Sebagian besar kaum bentala mengenakan busana mukminat ala Indonesia lengkap dengan peci. Hanya sebelah halus kaum hawa.

Satu sama asing berbalas-balasan berjabat yad sekali lalu basa-basi menanyakan kabar. Terutama bagi mengatur yang baru pulang dari perantauan. Acara itu seakan jadi ajang kangen-kangenan.

Sejurus kemudian, mengatur turun ke area pemakaman yang benar letaknya di dataran bawah. Sebuah kuburan besar sebangsa makam berada di pada sebuah gubug. Di bagian pinggir, lembaran-lembaran tikar telah disiapkan sebagai tempat duduk. Dan kaum saat kuburan tersebut telah dikelilingi akibat ratusan orang.

Itulah prosesi awal ritus nyadran yang sudah mentradisi di kalangan warga Dusun Ngipik. Kegiatan yang diyakini sakral dan berbalut dengan nilai-nilai magis-historis ini dilakukan secara teratur saban tahun.

“Nyadran ini jadi bukti melalui bakti kita kepada bibit buwit yang mula-mula kali membuka banat ini.” Pusara yang diziarahi itu diyakini sebagai makam bibit buwit warga banat setempat. Yakni Mbah Sodong Joyo. “Beliau yang mula-mula kali babat alas sehingga terbentuklah banat ini, “ katanya.

Dia tidak mengetahui persis kapan kuburan itu mulai ada di makam tersebut. Hanya saja, beralaskan cerita yang diturunkan dari saban generasi, kuburan Mbah Sodong Joyo itu sudah ada dari ratusan tahun.

“Dari halus aku diajari orang tua aku agar saban menjelang bulan puasa nyadran dulu eka dusun ke makam Mbah Sodong Joyo. Akhirnya berjalan berlangsung. Mbah Sodong Joyo bernapas atas abad kerajaan Mataram.

“Entah misinya apa cukup tempat ini yang konon dulunya masih hutan. Kemudian dibuka dan dibangun sebuah banat bernama Mayungsari.

Mbah Sodong Joyo aktual memegang istri bernama Sodongan yang pusaranya berada di Borobudur, Magelang. Diungkapkan Suparno, dua kuburan di Ngipik dan Borobudur diketahui memegang hubungan baru sekitar 8 tahun yang lalu. “Ternyata suami istri, “ katanya.

Sudah jadi budaya aktivitas nyadran ini dilakukan atas hari Kamis kedua atas bulan Sya’ban.

Rangkuman

        1. Faktor-faktor penyebab keanekaan budaya ialah :

          1. kemajemukan genus anak ;

          2. lingkungan ; dan

          3. kontak dengan kebudayaan asing

        2. Setiap genus anak memegang kebudayaan seorang diri yang berparak dengan genus anak lain.

        3. Kehidupan bani Adam pada memenuhi kebutuhan dan keselamatan hidup didukung akibat lingkungan sekitar yang meliputi :

          1. lingkungan alami

          2. lingkungan kemasyarakatan ; dan

          3. lingkungan budaya

        4. Kontak dengan budaya berbeda berjalan dengan :

          1. perdagangan

          2. penyebaran agama

          3. peperangan

        5. Keberagaman budaya yang kita miliki melambangkan aset budaya dan kekayaan bersama anak yang tidak ternilai harganya.

        6. Menghargai kebudayaan asosiasi asing yang berparak jadi kewajiban saban warga masyarakat.

        7. Contoh kebudayaan lokal di asosiasi domestik bisa berupa : tarian, lagu, kediaman adat, tradisi, alat musik, kesenian, pahat, ukir, patung.

Ayo Mengerjakan Tugas!

Lakukan konferensi kelompok melanda arti keanekaan budaya sebagai energi aktiva kebudayaan nasional.

Setelah selesai berdiskusi, buatlah laporan hasil konferensi dan presentasikan di ambang bagian dengan bimbingan guru.

Lembar Kerja

Tugas Individu!

Buatlah karya tulis melanda contoh-contoh budaya lokal yang ada di asosiasi sekitar tempat tinggal kalian.

EVALUASI

  1. Soal Pilihan Ganda

Pilihlah salah eka reaksi yang tepat di kolong ini dengan melepaskan atribut palang (X) atas huruf a, b, c, d atau e!

              1. Seluruh tingkah krida ahli satu asosiasi melambangkan cermin dari kebudayaan yang mengatur anut sehingga kehidupan asosiasi selalu berangkaian dengan … .

  1. kebudayaan

  2. materi

  3. pekerjaan

  4. mata pencaharian

  5. lingkungan

              1. Kebudayaan yang dimiliki satu asosiasi di satu tempat berbeda dengan kebudayaan yang dimiliki akibat asosiasi di tempat lain. Hal ini melahirkan timbulnya … .

  1. perbedaan kebudayaan

  2. keunikan kebudayaan

  3. kebudayaan universal

  4. mata pencaharian

  5. lingkungan

              1. Suku Baduy dan Tengger mendiami tanah … .

  1. Sumatera

  2. Jawa

  3. Bali

  4. Nusa Tenggara Barat

  5. Maluku

              1. Letak geografis, cuaca tanah, iklim, cuaca, dunia tumbuhan dan fauna yang berada di sekitar bani Adam disebut lingkungan … .

  1. alam

  2. geologis

  3. sosial

  4. budaya

  5. biotik

  1. Kondisi lingkungan geografis yang berbeda-beda melahirkan saban genus bangsa memunyai pola-pola adaptasi kebudayaan eksklusif terhadap lingkungan. Hal ini melahirkan … .

                1. kesemestaan budaya

                2. cara kebudayaan yang khas

                3. kebudayaan lokal

                4. gaya bernapas sendiri-sendiri

                5. tradisi akrab yang sangat erat

  1. Masyarakat yang tinggal di derah gunung-gunung memakai bangun kediaman yang … .

    1. beratap sedang, berlimpah jendela

    2. beratap tinggi, berlimpah jendela

    3. agak rendah, beratap seng dan kurang jendela

    4. berjendela banyak, beratap seng

    5. beratap gendeng, bangun kediaman tinggi

  2. Tradisi sedekah laut umumnya dimiliki akibat asosiasi yang tinggal di alam … .

    1. pegunungan

    2. lembah

    3. dataran rendah

    4. padang pasir

    5. pantai

  3. Lingkungan sosial turut memengaruhi terhadap pembuatan … .

    1. kebudayaan masyarakat

    2. peradaban manusia

    3. kebudayaan lokal

    4. kepribadian bangsa

    5. kepribadian individu

  4. Tiap-tiap lingkungan kemasyarakatan dam budaya ada individualitas sendiri-sendiri. Hal ini tercermin pada … .

    1. kebiasaan sehari-hari para anggotanya

    2. bentuk rumah masyarakat

    3. peralatan hidup ahli masyarakat

    4. sistem mata pencaharian

    5. bahasa sehari-hari ahli masyarakat

  5. Semua bidang kehidupan kemasyarakatan asosiasi pedesaan acap terbebat dengan mata pencaharian pertanian sehingga kebudayaan asosiasi pedesaan adalah kebudayaan … .

    1. industri

    2. agraris

    3. nelayan

    4. perdagangan

    5. jasa

  6. Masyarakat suku terasing ialah masyarakt terisolasi karena … .

    1. tingkat kebudayaan masih sangat bersahaja

    2. bersifat terbelakang da tertinggal

    3. lingkungan geografis

    4. lingkungan sosial budaya

    5. keterbatasan kemampuan berkomunikasi

  7. Suku terasing di Indonesia diantaranya ialah … .

    1. Sakai, Baduy dan Nias

    2. Saki, Laut dan Batak

    3. Punan, Taijo dan Sawu

    4. Sakai, Punan dan Tugutil

    5. Bugis, Taijo dan Toraja

  8. Lingkungan profesi melakukan kelompok kemasyarakatan tempat alas aktivitas di pada masyarakat yang ditandai dengan adanya perbedaan-perbedaan pada … .

    1. mata pencaharian

    2. orientasi nilai budaya

    3. kehidupan peradaban

    4. adat istiadat

    5. cara hidup

  9. Lingkungan pekerjaan melakukan kebudayaan … .

    1. kontemporer

    2. tradisional

    3. modern

    4. berdasar keahlian

    5. khusus

  10. Kontak dengan kebudayaan berbeda berjalan karena hal asosiasi Indonesia yang sangat heterogen dan bersifat … .

    1. terbuka

    2. tertutup

    3. tradisional

    4. bersahaja

    5. modern

  11. Kontak dengan budaya berbeda berjalan dengan unsur-unsur beserta :

        1. perdagangan

        2. penyebaran agama

        3. peperangan

        4. perembesan kebudayaan

        5. sarana komunikasi

Jawaban yang adil ialah … .

  1. 1, 2 dan 3

  2. 1, 2 dan 4

  3. 2, 3 dan 4

  4. 2, 4 dan 5

  5. 3, 4 dan 5

  1. Keberagaman budaya yang dimiliki akibat suku-suku anak melambangkan … .

    1. potensi konflik antar suku

    2. sumber dan kekayaaan budaya

    3. penghambat proses integrasi

    4. kekuatan terpendam yang tidak ternilai

    5. penghambat hubungan antar bangsa

  2. Setiap daerah memegang lagu alam dan gaya tari alam atau gaya tari tradisional bagaikan gaya tari Bedoyo dan Serimpi yang berasal dari daerah … .

    1. Jakarta

    2. Jawa Barat

    3. Jawa Tengah

    4. Daerah Istimewa Yogyakarta

    5. Jawa Timur

  3. Berbagai rumah adat di daerah-daerah Indonesia juga beragam bentuknya bagaikan rumah adat Lamin dari alam … .

    1. Kalimantan

    2. Kalimantan Barat

    3. Kalimantan Tengah

    4. Kalimantan Timur

    5. Kalimantan Selatan

  4. Jawa Tengah memegang cegak budaya keelokan konvensional kuno bagaikan ajojing Gambyong berasal dari alam … .

    1. Semarang

    2. Surakarta

    3. Magelang

    4. Boyolali

    5. Klaten

  1. Soal Uraian

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di kolong ini dengan benar!

        1. Deskripsikan mengapa kehidupan asosiasi acap berangkaian dengan kebudayaan!

        2. Identifikasikan faktor-faktor penyebab keanekaan kebudayaan!

        3. Berilah bukti bahwa saban genus anak memegang kebudayaan sendiri yang berparak eka dengan lainnya.

        4. Jelaskan mengapa saban genus anak memegang pola-pola adaptasi kebudayaan eksklusif terhadap lingkungan!

        5. Jelaskan perbedaan pola-pola adaptasi genus anak yang tinggal di daerah pantai dengan alam pegunungan!

        6. Jelaskan mengapa lingkungan kemasyarakatan bisa merajai pembuatan kepribadian individu!

        7. Deskripsikan lingkungan budaya asosiasi kita!

        8. Jelaskan betapa dengan cara apa lingkungan budaya asosiasi alam terasing!

        9. Deskripsikan bagaiman pergesekan dengan kebudayaan berbeda bisa terjadi?

        10. Berilah contoh kebudayan lokal yang ada di msyarakat tempat tinggal kalian!

MODUL 8

BERBAGAI ALTERNATIF PENYELESAIAN MASALAH AKIBAT ADANYA KEBERAGAMAN BUDAYA

BAB I PENDAHULUAN

    1. Apa Yang Dipelajari?

Modul yang kalian pelajari ini bakal membawakan kalian untuk menandai berbagai pilihan penyelesaian hal akibat adanya keanekaan budaya. Adapun ruang lintup barang mencakup masalah-masalah yang muncul akibat keanekaan budaya; pentingnya konsolidasi nasional, peran masyarkat pada menjaga keselarasan antar budaya peran negeri pada menjaga keselarasan antar budaya.

Modul ini berangkaian dengan modul lainnya melanda memberitahukan aksi pemaafan dan afeksi kemasyarakatan terhadap keanekaan budaya. Hasil belajar yang bakal kalian memperoleh sehabis mempertimbangkan modul ini diharapkan kalian bakal bakir :

        1. Menjelaskan masalah-masalah yang muncul akibat adanya keanekaan budaya.

        2. Mendeskripsikan pentingnya konsolidasi nasional

        3. Mengidentifikasi peran negeri pada menjaga keselarasan antar budaya

        4. Mengidentifikasi peran asosiasi pada menjaga keselarasan antar budaya

Adapun arti yang bakal kalian peroleh sehabis menguasai kompetensi alas pada modul ini belakang di dunia industri.

              1. menyadari adanya keanekaan budaya yang dimiliki akibat para karyawan

              2. mampu menyelesaikan masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya

              3. mampu menjaga keselarasan antar budaya

    1. Mari Mengecek Kemampuan Awal Kalian.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di kolong ini dengan reaksi singkat!

        1. Masyarakat Indonesia yang beragam budaya sangat berpotensi menimbulkan … .

        2. Konflik yang sangat laten di Indonesia berangkaian melantas dengan … .

        3. Suatu cuaca dimana norma-norma dan nilai-nilai pada masyarkat memudar akibat perubahan-perubahan yang berjalan atas lembaga-lembaga asosiasi sehingga tidak ada keserasian atas bagian-bagian dari satu kesatuan dinamakan … .

        4. Alat pengendalian kemasyarakatan untuk mencapai alamat asosiasi ialah … .

        5. Masalah-msalah kemasyarakatan yang berjalan pada asosiasi bisa berupa perilaku yang beralih arah dari … .

        6. Hasrat dan kebangkitan untuk bersatu sebagai eka kesatuan anak direalisasikan pada kemufakatan dalam negeri dengan … .

        7. Membuat asosiasi jadi eka kesatuan yang bulat dinamakan … .

        8. Salah eka anasir … pada memantapkan kebangkitan dalam negeri dan kesatuan anak ialah peringatan Kebangkitan Nasional saban tanggal … .

        9. Pola integritas anak Indonesia yang melambangkan bagian dari budaya nasional ialah … .

        10. Dalam menjaga keselarasan antar budaya diperlukan ——– … dan … .

BAB II PEMBELAJARAN

  1. Bagaimana Rencana Belajar Siswa?

Siswa diharapkan bakir melaksanakan agenda belajar yang mencakup hal-hal beserta ini :

1. Jenis Kegiatan : Memahami dan menandai barang secara perseorangan dan kelompok

2. Jam : Disesuaikan dengan hal arloji pembelajaran, sekitar 8 arloji (4 x pertemuan)

3. Tempat Pencapaian : Disesuaikan hal di bagian dan di perpustakaan.

  1. Apa Kegiatan Belajarnya?

              1. Berdiskusi atas masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya.

              2. Menyimak informasi atas pentingnya konsolidasi maksimum berdasarkan NKRI.

              3. Berdiskusi kelompok atas peran negeri dan asosiasi dalam menjaga keselarasan antar budaya.

Rangkuman

        1. Keberagaman budaya melahirkan hal bagaikan :

  1. Konflik

  2. Desintegrasi (disorganisasi)

  3. Reintegrasi

  4. Masalah hubungan dengan orang pendatang

  5. Kecemburuan sosial terhadap kelompok lain

  6. Perasaan primordial

  7. Perbedaan yang sangat mencolok

  8. Rasa fanatik yang luas dan tidak rasional pada mengamalkan ajaran agama

  9. Perbedaan tabiat, beradab santun diantara anak Indonesia

        1. Alternatif pemecahan hal yang ditimbulkan akibat keanekaan agama.

  1. mengendalikan agar friksi tidak berubah wujud jadi kekerasan

  2. mengembangkan perasaan berbalas-balasan menghargai

  3. mengikis habis bukti stereotip etnik maupun sifat etnosentris.

  4. Mengembangkan sikap pemaafan yang tinggi antar bani Adam beragama

  5. Mengembangkan berbagai cermin hubungan pada asosiasi multikultural bagaikan :

              1. asimilasi

              2. self segregation

              3. integrasi

              4. pluralisme

        1. Integrasi rasional anak Indonesia ialah hasrat dan kebangkitan untuk bersatu sebagai eka anak yakni anak Indonesia.

        2. Langkah-langkah mengabah integrasi

  1. mengembangkan konsensus

  2. mengembangkan peran bangun masyarakat

  3. upaya pemerintah menciptakan integrasi

        1. Perwujudan konsolidasi dalam negeri dengan :

    1. pakaian

    2. bahasa

    3. lambang dan individualitas kebangsaan

    4. perilaku dan

    5. lembaga

  1. Dalam menjaga keselarasan antar budaya diperlukan peran asosiasi dari pemerintah.

Mari Mengerjakan Tugas!

Lakukan konferensi kelompok melanda masalah-masalah yang muncul akibat keanekaan budaya.

Setelah kalian beranggar pikiran buatlah laporan hasil diskusi.

Lembar Kerja

Isilah kolom-kolom beserta ini!

No

Menjaga keselarasan antar budaya

Peran pada menjaga keselarasan antar budaya

1

2

Masyarakat

Pemerintah

……………………………………………………

……………………………………………………

BAB III EVALUASI

    1. Soal Pilihan

Berilah atribut palang (X) atas huruf a, b, c, d atau e sebagi reaksi yang tepat!

        1. Masyarakat Indonesia yang multikultural, memegang bangun kemasyarakatan yang beragam, memegang perbedaan-perbedaan pada kejadian selera, nilai dan asas sangat berpotensi melahirkan … .

          1. konflik

          2. perubahan sosial

          3. perubahan kebudayaan

          4. kegoncangan budaya

          5. kerja sama

        2. Konflik tingkat ideology dan friksi tingkat garis haluan melambangkan bentuk friksi kemasyarakatan beralaskan … .

          1. tingkatnya

          2. jenisnya

          3. macamnya

          4. sifatnya

          5. penyebabnya

        3. Terjadi pertentangan jarak norma-norma yang ada di pada masyarakat melambangkan salah eka fakta awal kejadian … .

          1. konflik

          2. disintegrasi

          3. reintegrasi

          4. arbitrasi

          5. mediasi

        4. Pada tahap bertambah lanjut cermin kehidupan disintegrasi bakal menimbulkan fakta kehidupan kemasyarakatan yang … .

          1. normal

          2. tidak normal

          3. selaras

          4. serasi

          5. seimbang

        5. Alternatif pemecahan hal friksi tingkat ideologi masing-masing suku, bagian kemasyarakatan dan ras seharusnya bakir mengembangkan … .

          1. akses membangun kehidupan demokrasi

          2. partisipasi dari kelompok minoritas

          3. perasaan berbalas-balasan menghargai

          4. sifat etnosentris masing-masing suku

          5. prinsip-prinsip keadilan dan keujuran

        6. Kelompok kedaerahan yang berparak secara bertahap bisa mengadopsi budaya dan nilai yang ada pada kelompok besar masyarakat. Hal ini berjalan dengan cermin hubungan proses … .

          1. integrasi

          2. self segregation

          3. difusi

          4. asimilasi

          5. akulturasi

        7. Hasrat dan kesadarn untuk bersatu sebagai eka anak adalah bangsa Idonesia disebut … .

          1. integrasi nasional

          2. konsensus nasional

          3. loyalitas nasional

          4. interaksi sosial

          5. kontak sosial

        8. Salah eka pilihan pemecahan hal akibat keanekaan budaya adalah penanaman aksi pemaafan dan afeksi kemasyarakatan khususnya melalui badan … .

          1. pemerintahan

          2. perkawinan

          3. keagamaaan

          4. kemasyarakatn

          5. pendidikan

        9. Salah eka faktor penunjang konsolidasi dalam negeri Indonesia ialah … .

          1. adanya faktor babad yang melahirkan melalui senasib seperjuangan

          2. adanya pengendalian social yang berfungsi baik pada masyarakat

          3. terjadinya proses-proses kemasyarakatan pada hubungan kemasyarakatan yang bersifat disosiatif

          4. adanya perasaan primordialisme yang sangat kuat

          5. dibukanya akses seluas-luasnya untuk membabarkan kehidupan demokrasi

        10. Unsur yang penting pada konsolidasi dalam negeri ialah … .

          1. menghargai perbedaan

          2. memahami kerukunan budaya

          3. sikap torelansi dan empati

          4. kesadaran dan kemauan bersatu

          5. adanya melalui amor butala air

        11. Salah eka faktor barikade konsolidasi dalam negeri di Indonesia adalah … .

          1. adanya ahli etnosentrisme

          2. adanya keinginan untuk bersatu

          3. adanya kesepakatn nasional

          4. adanya pola-pola hubungan sosial

          5. kelebihan dan kekurangan yang dimiliki suku-suku bangsa.

        12. Upaya negeri pada menciptakan konsolidasi ialah … .

          1. membuka alam terisolir dengan pembentukan aparat transportasi dan komunikasi

          2. menambah frekuensi perkawinan bancuh antar suku

          3. menciptakan kreasi baru bangun kebudayaan

          4. mengembangkan kemufakatan dalam negeri melanda nilai-nilai kemasyarakatan

          5. mengembangkan peran bangun asosiasi yang bersifat berbalas-balasan menyilang

        13. Melakukan pemindahan orang secara terprogram dengan transmigrasi melambangkan upaya negeri pada menciptakan … .

          1. kesatuan budaya bangsa

          2. partisipasi pada pembangunan

          3. pola-pola kehidupan kemasyarakatan yang serasi

          4. solidaritas nasional

          5. integrasi nasional

        14. Bahasa Indonesia sebagai manifestasi budaya dan budi dalam negeri memiliki guna diantaranya ialah … .

          1. identitas bangsa

          2. benda kebudayaan

          3. landasan ideology

          4. acuan cermin integritas bangsa

          5. cermin kepribadian bangsa

        15. Arena atau badan manifestasi konsolidasi dalam negeri bisa dilaksanakan melalui berbagai jalan jarak asing … .

          1. lembaga garis haluan dan pemerintahan

          2. lembaga erkawinan

          3. lembaga keagamaan

          4. kelompok kemasyarakatan

          5. kelompok sosial

        16. Contoh badan garis haluan sebagai badan manifestasi interasi dalam negeri adalah ….

          1. Majelis Permusyawaratan Rakyat

          2. Dewan Perwakilan Rakyat

          3. Organisasi kemasyarakatan

          4. Lembaga Swadaya Masyarakat

          5. Partai politik

        17. Salah eka peran asosiasi pada menjaga keselarasan antar budaya ialah … .

          1. melestarikan puncak-puncak kebudayaan anak yang berkembang di daerah-daerah

          2. memupuk kebangkitan bersejarah pada aspirasi terhadap warisan budaya

          3. penyebarluasan informasi kebudayaaan lewat ekshibisi ramu budaya

          4. mengenal bertambah dekat atas peristiwa beserta eksekutor babad bangsanya

          5. meningkatkan apresiasi terhadap kesenian

        18. Diperlukan adanya kebudayaan yang bermutu tinggi, bertambah beradab yang bisa diwariskan kepada angkatan yang bakal datang melambangkan peran … .

          1. umat manusia

          2. masyarakat

          3. pemerintah

          4. organisasi kemasyarakatan

          5. lembaga pendidikan

        19. Penyebarluasan informasi kebudayaan terutama lewat pameran dan peragaan ramu budaya di gedung-gedung museum melambangkan program … .

          1. kesejarahan

          2. kepurbakalaan

          3. permusiuman

          4. kesenian

          5. perpustakaan

        20. Program yang bertujuan untuk memperkenalkan nilai-nilai budaya bangsa di abad lampau, maupun abad sekarang ialah acara … .

          1. pengembangan kesenian

          2. kerja sama lintas sektoral

          3. inventarisasi kebudayaan

          4. pembinaan penghayatan kepercayaan

          5. pembukuan dan perpustakaan

    1. Soal Uraian!

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di kolong ini dengan benar!

              1. Jelaskan mengapa friksi berjalan pada masyarakat?

              2. Jelaskan neko-neko friksi beralaskan jenisnya!

              3. Kemukakan kaum fakta awal desintegrasi.

              4. Jelaskan masalah-masalah kemasyarakatan yang berjalan di asosiasi akibat disintegrasi!

              5. Deskripsikan dua langkah yang harus dilakukan sebagai alternatif pemecahan hal yang ditimbulkan akibat keanekaan budaya!

              6. Kemukakan fagtor-faktor yang menunjang konsolidasi dalam negeri Indonesia!

              7. Deskripsikan langkah-langkah mengabah integrasi!

              8. Kemukakan upaya-upaya yang dilakkan negeri pada menciptakan integrasi!

              9. Deskripsikan 5 (lima) pesan asosiasi pada menjaga kelestarian antar budaya!

              10. Jelaskan mengapa kita perlu membabarkan aksi peka terhadap nilai-nilai budaya.

MODUL 9

SIKAP TOLERANSI DAN EMPATI SOSIAL TERHADAP KEBERAGAMAN BUDAYA

BAB I PENDAHULUAN

Modul ini bakal membawakan kalian untuk memberitahukan aksi pemaafan dan afeksi kemasyarakatan terhadap keanekaan budaya. Adapun ruang lintup barang mencakup : menghargai budaya orang asing dan menjaga dan melestarikan budaya lokal.

Hasil belajar yang bakal kalian memperoleh sehabis mempertimbangkan modul ini diharapkan bakir :

        1. menunjukkan pada aksi sehari-hari atas menghargai budaya orang lain.

        2. menunjukkan kaum aksi peka yang harus dikembangkan pada masyarakat multikultural

        3. memberi contoh sikap-sikap menghargai kebudayaan orang asing yang berbeda

        4. menunjukkan pada kehidupan sehari-hari menjaga dan melestarikan budaya lokal

Adapun arti yang bakal kalian peroleh sehabis menguasai kompetensi alas ini belakang di dunia industri ialah :

              1. mampu bersikap menghargai kebudayaan orang asing di lingkungan kerja

              2. mampu menjaga budaya badan di tempat kerja

    1. Mari Mengecek Kemampuan

Isilah titik-titik beserta ini dengan reaksi yang tepat!

        1. keberagaman kebudayaan genus anak melambangkan energi untuk menumbuhkan … dan … .

        2. Keberagaman budaya genus anak peka kejadian … .

        3. Gejala disintegrasi diantara anak Indonesia bisa dicegah apabila ada melalui berbalas-balasan … .

        4. Keragaman budaya Indonesia melambangkan alas pengembangan individualitas bangsa dan … .

        5. Dalam asosiasi multikultural diperlukan aksi … dan … dari setiap ahli masyarakat.

        6. Toleransi kemasyarakatan ialah aksi berbalas-balasan menghargai … yang ada dalam masyarakat.

        7. Kita harus meninggalkan aksi primordialisme terutama yang menjurus atas aksi … dan … .

        8. Melalui aksi berbalas-balasan menghargai kebudayaan genus anak yang berbeda bisa memperkokoh … dan … .

        9. Dalam membabarkan kebudayaan anak perlu ditumbuhkan dan dilestarikan nilai budaya … .

        10. Dalam berakar kebudayaan berbeda kita harus bersikap … .

BAB II PEMBELAJARAN

  1. Bagaimana Rencana Belajar Siswa?

Siswa diharapkan bakir melaksanakan agenda belajar yang mencakup hal-hal beserta ini :

1. Jenis Kegiatan : memahami dan membedah barang secara individu

2. Jam : disesuaikan hal arloji pembelajaran sekitar 6 arloji (6 x pertemuan)

3. Tempat pencapaian : disesuaikan hal kelas

  1. Apa Kegiatan Belajarnya?

              1. Simulasi atas aksi menghargai budaya orang lain

              2. Bermain peran atas menjaga dan melestarikan budaya lokal

RANGKUMAN

        1. Bangsa Indonesia memegang keanekaan budaya yang melambangkan potensi pada memupuk melalui aliansi dan kesatuan bangsa.

        2. Dalam kehidupan asosiasi multikultural menghargai budaya orang lain yang berparak ialah kewajiban saban warga masyarakat.

        3. Sikap pemaafan dan afeksi kemasyarakatan saban ahli asosiasi sangat penting pada asosiasi multikultural.

        4. Toleransi kemasyarakatan ialah aksi yang menghargai perbedaan-perbedaan sosial yang ada pada masyarakat.

        5. Empati ialah cuaca mental yang melaksanakan seseorang merasa atau mengidentifikasikan dirinya pada keadaan, perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain.

        6. Dalam membabarkan aksi berbalas-balasan fasih dan berbalas-balasan menghargai antar perseorangan atau kelompok yang beranekaragam dengan mengedepankan komunikasi dan dialogis yang bersifat antar individu dan kelompok tersebut.

        7. Kebudayaan dalam negeri diambil dari puncak-puncak prestasi budaya daerah (lokal) sehingga budaya lokal perlu dijaga, dipelihara dan dilestarikan sehingga bisa menguatkan dan aktiva keanekaan budaya bangsa.

Ayo Mengerjakan Tugas

Lakukan konferensi bersama pada kelompok “Sikap-sikap apakah yang kita perlukan pada menyikapi asosiasi Indonesia yang multikultural?”

Setelah selesai berdiskusi, buatlah pelaporan hasil konferensi dan presentasikan di ambang bagian dengan bimbingan guru!

Lembar Kerja

Isilah kolom-kolom beserta ini.

No

Sikap

Contoh pada kehidupan

1

2

3

Toleransi sosial

Empati sosial

Cinta butala air

………………………………………………..

………………………………………………..

………………………………………………..

BAB III EVALUASI

    1. Soal Pilihan

Pilihlah salah eka reaksi yang adil dengan melepaskan atribut palang (X) atas huruf a, b, c, d atau e!

        1. Keberagaman kebudayaan genus anak di Indonesia peka kejadian konflik … .

  1. budaya

  2. sosial

  3. ideologi

  4. politik

  5. ekonomi

        1. Gejala disintegrasi bisa dicegah andaikata ada melalui … .

  1. saling percaya

  2. saling tergantung

  3. saling menghargai

  4. menghormati

  5. simpati

        1. Dasar pengembangan individualitas dan kebudayaan dalam negeri Indonesia adalah … .

  1. sikap toleransi sosial

  2. sikap empati sosial

  3. keberagaman budaya

  4. budaya lokal

  5. integrasi bangsa

        1. Sikap menghargai perbedaan kemasyarakatan yang ada pada asosiasi adalah ….

  1. imitasi

  2. sugesti

  3. empati

  4. toleransi sosial

  5. politik aliran

        1. Dalam membabarkan aksi fasih dan berbalas-balasan menghargai antar individu atau kelompok yang beraneka cegak dengan langkah yang terbaik / dengan mengedepankan … .

  1. komunikasi dan dialogis

  2. sikap etnosentris

  3. sikap primordialisme

  4. gotong royong

  5. musyawarah

        1. Sikap peka yang harus dikembangkan pada asosiasi multikultural ialah … .

  1. menumbuhkan budaya belajar

  2. mengembangkan rasa nasionalisme

  3. saling menjaga hubungan baik

  4. ikut berpartisipasi pada aktivitas sosial

  5. menyelenggarakan pentas seni bersama

        1. Sikap pemaafan dan berbalas-balasan pemahaman antar sesama ahli masyarakat bakal terwujud bila adanya … .

  1. perlindungan negara

  2. kebebasan dalam berorganisasi

  3. kesadaran sosial

  4. jaminan sosial

  5. kepastian hukum

        1. Contoh aksi berbalas-balasan menghargai budaya orang asing sehari-hari adalah … .

  1. saling menjaga hubungan baik

  2. mengembangkan sikap etnosentris yang berlebihan

  3. mengembangkan rasa nasionalisme

  4. menyelesaikan semua friksi sosial

  5. menegakkan supremasi hukum

        1. Dalam membabarkan melalui chauvinisme terutama dilakukan dengan … .

  1. penghayatan wawasan kebangsaan

  2. menumbuhkan sikap chauvinisme

  3. kompromi di saban konflik

  4. menyelesaikan semua friksi secara akomodatif

  5. menerima bahwa saban genus memegang kebudayaan daerah

        1. Menegakkan daulat hukum artinya bahwa sarwa peraturan absah harus berlaku atas … .

  1. sekelompok orang

  2. kelompok sosial

  3. organisasi sosial

  4. semua warga negara

  5. golongan mayoritas

        1. Agar pada asosiasi tumbuh aksi dan integritas yang kreatif dan inovatif alkisah perlu memupuk budaya … .

  1. meniru

  2. belajar

  3. asing

  4. kerja keras

  5. lokal

        1. Dalam proses pembentukan dan pengembangan kebudayaan anak harus dihindari sikap

              1. feodal

              2. eksklusif

              3. paham kedaerahan yang sempit

              4. solidaritas

              5. tenggang rasa

Jawaban yang adil ialah … .

  1. 1, 2 dan 3

  2. 1, 2 dan 4

  3. 2, 3 dan 4

  4. 2, 4 dan 5

  5. 3, 4 dan 5

        1. Sikap yang diperlukan pada proses pembentukan dan pengembangan kebudayaan anak ialah … .

              1. tenggang rasa

              2. mawas diri

              3. eksklusif

              4. kesetiakawanan

              5. etnosentris

Jawaban yang adil ialah … .

  1. 1, 2 dan 3

  2. 1, 2 dan 4

  3. 2, 3 dan 4

  4. 2, 4 dan 5

  5. 3, 4 dan 5

        1. Kebudayaan dalam negeri diambil dari kebudayaan alam yang bercirikan … .

  1. memiliki corak kekhasan sendiri

  2. memiliki nilai-nilai dan asas social

  3. tidak menjurus atas ajaran etnosentris

  4. memiliki nilai-nilai budaya positif

  5. telah digunakan pada waktu yang sangat lama

        1. Kebudayaan dalam negeri diambil dari puncak-puncak prestasi budaya … .

  1. pendidikan

  2. belajar

  3. manca Negara

  4. dunia

  5. daerah

        1. Untuk aktiva bdaya dalam negeri pada berakar budaya berbeda harus bersikap …

  1. selektif

  2. masa bodoh

  3. pasif

  4. kondusif

  5. tertutup

        1. Bangsa Indonesia tidak gemar dan tidak bakal menghilangkan perbedaan-perbedaan yang telah ada karena tindakan menghilangkan perbedaan tersebut bertentangan dengan … .

  1. kodrat

  2. nilai-nilai luhur

  3. budaya universal

  4. hak asasi manusia

  5. hukum yang berlaku

        1. Bangsa Indonesia memegang keanekaragaman genus anak yang berbicara pada berbagai budi daerah, alkisah perlu pembaharuan bahasa alam pada rangka … .

  1. memperkokoh persatuan dan kesatuan

  2. memperkaya perbendaharaan budi Indonesia

  3. membina ketahanan budaya

  4. memperkokoh jati awak budaya nasional

  5. menyelamatkan warisan budaya leluhur

        1. Tiap-tiap genus anak memegang bentuk keelokan yang disebut kesenian alam untuk menampung, memupuk beserta meningkatkan apresiasi asosiasi terhadap seni alkisah diselenggarakan … .

  1. sistem komunikasi yang terpadu

  2. program inventarisasi kebudayaan

  3. festival pekan keelokan atau pergelaran seni

  4. forum komunikasi para pemikir budaya

  5. kerja sama lintas sektoral

        1. Aliran kepercayaan (sistem religi) terhadap Tuhan Yang Maha Esa merupakan bagian dari kebudayaan lokal. Keberadaan arus kepercayaan tersebut tidak perlu dipertentangkan, akibat karena itu perlu aksi … .

          1. saling menghormati dan menghargai

          2. mencintai karya budaya bangsa

          3. selektif pada pergaulan

          4. mengembangkan kebangkitan sosial

          5. menerima bahwa tiap genus memegang budaya lokal masing-masing.

    1. Soal Uraian

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di kolong ini!

              1. Deskripsikan mengapa keanekaan budaya suku-suku anak di Indonesia peka kejadian friksi budaya yang bisa menimbulkan fakta disintegrasi!

              2. Jelaskan mengapa pada menyikapi keanekaan budaya diperlukan sikap pemaafan dan afeksi sosial!

              3. Jelaskan yang dimaksud dengan pemaafan sosial!

              4. Jelaskan aksi peka yang harus dikembangkan pada asosiasi yang beraneka cegak budaya!

              5. Jelaskan mengapa minus kepastian hukum sifat pemaafan dan saling pemahaman antar sesama ahli asosiasi tidak bisa terwujud.

              6. Berilah 4 (empat) contoh aksi menghargai budaya orang asing dalam pergaulan bernapas sehari-hari!

              7. Deskripsikan mengapa pada asosiasi multikultural harus menghindari aksi feodal, aksi idiosinkretis dan ahli kedaerahan yang sempit?

              8. Kemukakan ciri-ciri kebudayaan dalam negeri yang diambil dari kebudayaan alam (lokal).

              9. Jelaskan mengapa pada pembentukan kebudayaan dalam negeri bersifat terbuka!

              10. Deskripsikan upaya-upaya yang harus kita buat pada menjaga dan melestarikan keelokan alam (kesenian tradisional).

AliExpress.com Product - Ocstrade Summer Sexy Rayon Bandage Dress 2019 New Arrivals Mesh Insert Women Bandage Dress Black Party Night Club Bodycon Dress

Oke detil mengenai BERBAGAI BUDAYA LOKAL, PENGARUH BUDAYA ASING DAN HUBUNGAN ANTAR BUDAYA semoga tulisan ini bermanfaat terima kasih

Tulisan ini diposting pada kategori perbedaan budaya lokal dan budaya nasional, jelaskan pengertian budaya lokal dan budaya nasional beserta contohnya, perbedaan budaya lokal dan budaya nasional dan contohnya,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kehidupan Politik, Sosial, Ekonomi Dan Budaya Pada Kerajaan Tarumanegara Politik Kerajaan Tarumanegara

Hohoho, selamat sore di "Indonesia Dalam Berita", artikel ini akan membahas tentang politik kerajaan tarumanegara Kehidupan Politik, Sosial, Ekonomi Dan Budaya Pada Kerajaan Tarumanegara simak selengkapnya HINDUALUKTA -- Secara etimologi Tarumanagara berasal dari kata Taruna yang artinya negara atau negeri dengan Nagara yang merupakan dari kata Tarum yaitu sebuah sungai di Jawa Barat ialah sungai Citarum. Kerajaan Tarumanegara tercata dalam asal usul sebagai salah satu negeri Hindu yang pernah berkuasa di Jawa dari abad 4 sampai 7 masehi. Menurut sejarah, negeri Tarumanegara didirikan pada tahun 358, dengan salah satu rajanya yang membelokkan terkenal adalah raja Purnawarman. Bukti yang ditemukan sebagai catatan negeri Tarumanegara adalah tujuh batu bersurat batu yang ditemukan di Lebak Banten (1), Bogor( 5) dengan Jakarta (1). Dari ke tujuh prasasti tersebut diantarnya yakni:  Prasasti Pasir Awi, Prasasti Jambu, Prasasti Muara Cianten, Prasasti Ciaruteun, Pra...

KESENIAN MADURA GENDING MADURA FULL RARI TARI Kesenian Dari Madura

Hi, selamat malam di "Indonesia Dalam Berita", artikel ini akan dibahas mengenai kesenian dari madura KESENIAN MADURA GENDING MADURA FULL RARI TARI simak selengkapnya. AliExpress.com Product - Ocstrade Summer Sexy Rayon Bandage Dress 2019 New Arrivals Mesh Insert Women Bandage Dress Black Party Night Club Bodycon Dress HandayaniRecord Official mempersembahkan buah karya kami untuk anda nikmati sebagai konser keluarga yang cukup dengan bermanfaat sebagai hiburan, Semua adegan sudah kami setting. andaikata ada kesamaan cap dengan lainnya. Mohon maaf ------------------------------------------------------------- Silahkan Dilihat Juga Chanel Terkait : Channel Group reno puri: https://www.youtube.com/channel/UCjO5... handayanirecord official: https://www.youtube.com/channel/UC50V... indonesian review : https://www.youtube.com/channel/UCQXk... masakan mama : https://www.youtube.com/channel/UCAJv... DakwaQ Official: https://www.youtube.com/channel/UCxy4... Terima Kasih Untuk Su...

Memahami Teori Utilitas, Marginal Utility, Indifference Curve, Dan Marginal Rate Of Substitution Pengertian Marginal Utility

Hallo, selamat sore di "Indonesia Dalam Berita", artikel ini akan membawa pembahasan mengenai pengertian marginal utility Memahami Teori Utilitas, Marginal Utility, Indifference Curve, dan Marginal Rate of Substitution simak selengkapnya Untuk barang kali ini kita bakal belajar atas aturan utilitas ( utility theory ), pengertian marginal utility , ancangan marginal utility dan indifference curve di mahir gajak konsumen, serta pengertian marginal rate of substitution . 1. TEORI UTILITAS. Pada bagian ini kita bakal mahir coret-coretan alas utilitas, pengertian marginal utility , serta the law of diminishing marginal utility . 1.1. Konsep Dasar Utilitas. Secara leksikal, kata utilitas ( utility ) dimaknai sebagai ‘the quality or state of being useful‘ ( www.merriam-webster.com ). Dalam hal ini, utilitas memberitahukan derajat kemanfaatan suatu objek. Sementara di ilmu ekonomi, konsep utilitas memberitahukan babak kegembiraan pelaku ekonomi tempat konsumsi barang/jasa...