Hohoho, selamat sore di "Indonesia Dalam Berita", pada kali ini akan menjelaskan mengenai contoh kebudayaan asing BERBAGAI BUDAYA LOKAL, PENGARUH BUDAYA ASING DAN HUBUNGAN ANTAR BUDAYA simak selengkapnya
BERBAGAI BUDAYA LOKAL, PENGARUH BUDAYA ASING DAN HUBUNGAN ANTAR BUDAYA
BAB I. PENDAHULUAN
-
Apa yang Dipelajari?
Modul ini bakal membawakan kalian buat mengenali berbagai budaya lokal, akibat budaya berbeda dengan hubungan menemani budaya. Adapun ruang cakupan bahan mencangam : pengertian budaya dengan budaya lokal, unsur-unsur budaya, neko-neko budaya domestik di Indonesia, akibat masuknya budaya berbeda dengan hubungan menemani budaya.
Modul ini berangkaian dengan modul lainnya adalah keberagaman budaya yang siap di asosiasi setempat di kaitannya dengan budaya nasional. Hasil belajar yang bakal kalian memperoleh setelah melacak modul ini diharapkan becus :
-
Menjelaskan pengertian budaya.
-
Menjelaskan pengertian budaya lokal.
-
Menjelaskan unsur-unsur budaya.
-
Mengidentifikasikan macam-macam budaya domestik di Indonesia.
-
Mengidentifikasikan dampak masuknya budaya asing.
-
Mengidentifikasi hubungan menemani budaya.
Adapun faedah yang bakal kalian terima setelah memahami kompetensi alur (sungai) ini kelak di alam kerja merupakan :
-
Memahami budaya kerja yang berlaku di area kerja.
-
Dapat bersikap dengan bertindak bertemu dengan budaya kerja yang berlaku di tempat kerja.
-
Mari Mengecek Kemampuan Awal Kalian!
Isilah titik-titik di kolong ini dengan reaksi yang benar !
-
-
Manusia makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna akibat dilengkapi dengan akal, batin dengan keinginan yang terdapat ala jiwa anak Adam sehingga manusia disebut sebagai insan … .
-
Manusia dapat menilai berbagai fakta, afair alias entitas yang dianggap baik dengan adil dengan diterima sebagai angka kebenaran alias angka kenyataan keadaan ini memberitahukan anak Adam memiliki … .
-
Perasaan religius merupakan anggapan yang berangkaian dengan … .
-
Kebudayaan merupakan buatan dari … , … dengan … .
-
Manusia dan kultur merupakan eka kesatuan yang banyak erat sehingga disebut sebagai … .
-
Budaya yang ala umumnya bersifat konvensional kuno dengan masih dipertahankan dinamakan … .
-
Unsur-unsur kebudayaan universal terdiri dari … unsur.
-
Kebudayaan manusia bersifat bergairah akibat berkelaluan arung … .
-
Penetrasi budaya menyebabkan akibat kultur berbeda sedemikian rupa sehingga menimbulkan perubahan kultur secara besar-besaran dalam tempo … .
-
Proses penyebaran alias perembesan suatu anggota kultur dari eka bagian kepada bagian beda dinamakan … .
-
BAB II PEMBELAJARAN
-
Bagaimana Rencana Belajar Siswa?
Siswa diharapkan becus melahirkan agenda belajar yang mencangam hal-hal berikut ini.
1. Jenis kegiatan : mahir dengan membedah bahan secara pribadi dengan kelompok
2. Jam : disesuaikan hal beker pembelajaran, sekitar 10 beker (5 x pertemuan)
3. Tempat Pencapaian : disesuaikan hal di bagian dengan di perpustakaan
-
Apa Kegiatan Belajarnya?
-
Menyimak tentang pengertian budaya, budaya domestik dengan unsur-unsur budaya.
-
Berdiskusi tentang neko-neko budaya domestik di Indonesia.
-
Diskusi kelompok akan akibat masuknya budaya asing.
-
Tugas kelompok akan contoh hubungan menemani budaya.
-
Rangkuman
-
Manusia makhluk berbudaya akibat memiliki akal, batin dengan kehendak.
-
Kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti budi alias akal. Kebudayaan merupakan buatan dari cipta, melalui dengan kehendak manusia.
-
Manusia dan kultur merupakan dua tunggal akibat keduanya tidak boleh dipisahkan eka sama lainnya, dimana siap sekawanan anak Adam alkisah di situ siap kultur yang dihasilkan.
-
Kebudayan berguna belah anak Adam alias asosiasi buat melindungi badan terhadap alam, mengatur hubungan menemani anak Adam dengan sebagai wadah dari segenap perasaan manusia.
-
Kebudayan yang hidup dengan berkembang ala suku anak di setiap alam disebut kebudayaan lokal.
-
Kebudayan menurut wujudnya digolongkan menjadi tiga bagai adalah :
-
kebudayaan berwujud abstrak
-
kebudayaan berwujud konkret; dan
-
kebudayaan berwujud benda (fisik).
-
-
Unsur-unsur pokok kultur yang sama boleh dijumpai ala setiap kultur di dunia dinamakan kultur universal (cultural universal)
-
Tujuh unsur pokok kayu kebudayaaan universal
-
sistem religi dengan upacara keagamaan
-
sistem dan formasi kemasyarakatan
-
sistem pengetahuan
-
bahasa
-
sistem kesenian
-
sistem mata pekerjaan hidup dan
-
sistem teknologi dengan peralatan
-
-
Dampak masuknya budaya berbeda antara beda :
-
terjadi perubahan kebudayaan
-
pembauran kebudayaan
-
modernisasi
-
keguncangan budaya
-
penetrasi budaya
-
memperkaya keberagaman budaya
-
melemahnya nilai-nilai budaya bangsa
-
-
Hubungan antar budaya boleh berlaku melalui :
-
difusi
-
akulturasi
-
Lembar Kerja!
Pengaruh budaya berbeda saat ini banyak gencar terhadap kultur nasional.
Pertanyaan :
-
Berilah 3 contoh akibat budaya asing.
-
Sebutkan dampak yang ditimbulkan akibat masuknya budaya asing!
-
Upaya apakah yang harus saya lakukan mudah-mudahan akibat budaya berbeda tidak merusak kultur anak Indonesia!
Lakukan diskusi masing-masing blok yang terdiri dari 5 orang.
Hasil diskusi dikumpulkan seminggu kemudian!
Mari Mengerjakan Tugas!
-
Identifikasikan pengertian budaya domestik bagi interpretasi kalian sendiri.
-
Identifikasikan berbagai contoh budaya domestik yang terdapat di alam kalian tinggal.
BAB III EVALUASI
-
Soal Pilihan!
Berilah cap silang (x) ala huruf a, b, c, d alias e ala reaksi yang tepat!
-
-
Manusia adalah insan ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Kesempurnaan tersebut akibat dilengkapi sang pencipta dengan akal, batin dengan kehendak sehingga anak Adam disebut sebagai insan … .
-
berbudaya
-
sosial
-
individu
-
penguasa
-
sempurna
-
-
Istilah sing yang sama artinya dengan kultur merupakan … .
-
Kebudayaan merupakan buatan dari … .
-
akal sebagai daya cipta
-
nurani sebagai daya rasa
-
cipta kehendak dengan melalui manusia
-
tindakan manusia
-
pengetahuan manusia
-
-
Menurut Koentjaraningrat kultur merupakan keseluruhan sistem gagasan, tindakan dengan buatan ciptaan anak Adam di rangka aktivitas asosiasi yang dijadikan milik dari anak Adam dengan … .
-
bekerja
-
belajar
-
berbuat
-
beriman
-
berbudaya
-
-
Manusia dan kultur merupakan eka kesatuan yang erat dengan tidak boleh dipisahkan sehingga disebut … .
-
universal
-
tunggal ika
-
dwi muka
-
dwi tunggal
-
petunjuk hidup
-
-
Salah satu ciri kultur merupakan berkelaluan bersifat … .
-
majemuk
-
kompleks
-
teratur
-
statis
-
dinamis
-
-
Budaya lokal ala umumnya bersifat … .
-
tradisional
-
modern
-
sentral
-
nasional
-
abstrak
-
-
Wujud kebudayaan ideal (abstrak) dinamakan … .
-
sistem sosial
-
sistem budaya
-
mentifak
-
sosifect
-
perilaku
-
-
Isi dari sarwa kultur yang siap di alam merupakan … .
-
adat istiadat yang memiliki angka etika
-
rangkaian aktivitas anak Adam di masyarakat
-
pola-pola gajak dari anggota masyarakat
-
kebudayaan kebendaan buatan ciptaan manusia
-
tujuh anggota pokok kayu budaya universal
-
-
Tondi, Sahala dengan Begn merupakan konsep kepercayaan konvensional kuno yang dianut suku anak … .
-
Batak
-
Minagkabau
-
Sunda
-
Jawa
-
Bali
-
-
Bentuk rumah adapt Inuasan, Joglo dengan Serontong merupakan budaya domestik dari … .
-
Jambi
-
Padang
-
Jawa Tengah
-
Bali
-
Nusa Tenggara Timur
-
-
Kaharingan merupakan system kepercayaan yang dianut oleh asosiasi … .
-
Sawu
-
Dayak
-
Bali
-
Bugis
-
Dani
-
-
Ugi merupakan bahasa alam yang dipergunakan oleh suku … .
-
Dayak
-
Sawu
-
Bugis
-
Makasar
-
Dani
-
-
Tsyem merupakan bangunan etiket dari suku … .
-
Dani
-
Asmat
-
Bugis
-
Dayak Ngaju
-
Dayak Piman
-
-
Perubahan Kebudayaan bakal berjalan secara terus menerus tergantung ala ….
-
dinamika masyarakatnya
-
interaksi budaya
-
sistem penerangan dengan komunikasi
-
norma dengan angka sosial
-
pola-pola kebudayaan
-
-
Pembauran kebudayaan dewasa ini semakin dipercepat degan berlangsungnya … .
-
perang dingin
-
globalisasii
-
kolonialisasi
-
imperialisme
-
modernisasi
-
-
Proses perubahan asosiasi dengan kultur dari asosiasi dengan kultur tradisional ke asosiasi dengan kultur futuristik di sekalian aspeknya disebut … .
-
pembauran budaya
-
perubahan budaya
-
penetrasi budaya
-
modernisasi budaya
-
kegoncangan budaya
-
-
Proses penyebaran alias perembesan suatu anggota kultur dari eka bagian pada bagian beda dinamakan … .
-
difusi
-
penetrasi
-
akulturasi
-
amalgamasi
-
asimilasi
-
-
Proses difusi berlangsung melalui … .
-
modernisasi
-
perubaaan sosial
-
cara kekerasan
-
kontak dengan budaya asing
-
meniru (imitasi)
-
-
Proses akulturasi berlangsung di jangka tempo … .
-
cepat
-
singkat
-
terbata
-
perlahan
-
relatif lama
-
-
-
Soal Uraian
Jawablah pertanyaan di kolong ini dengan adil !
-
-
Jelaskan pengertian kultur bagi Selo Sumarjan!
-
Jelaskan mengapa anak Adam dengan kultur tidak boleh dipisahkan eka dengan lainnya!
-
Diskusikan fungsi kultur belah kehidupan.
-
Identifikasikan ciri-ciri kebudayaan.
-
Diskusikan tiga wujud kebudayaan.
-
Jelaskan unsur-unsur kultur universal
-
Berilah contoh 3 (tiga) bagai budaya domestik di Indonesia.
-
Identifikasikan dampak yang ditimbulkan dengan masuknya budaya asing!
-
Deskripsikan 3 (tiga) jalan kejadian hubungan menemani budaya.
-
Identifikasikan faktor-faktor yang menyebabkan anggota budaya berbeda mudah diterima!
-
MODUL 7
POTENSI KEBERAGAMAN YANG ADA DI MASYARAKAT SETEMPAT DALAM KAITANNYA DENGAN BUDAYA NASIONAL
BAB I PENDAHULUAN
Modul yang bakal kalian pelajari bakal membawakan kalian buat memerikan potensi keberagaman budaya yang siap di msyarakat setempat di kaitannya dengan budaya nasional. Adapun ruang cakupan bahan mencangam : faktor-faktor lantaran keberagaman budaya, faedah keberagaman budaya, contoh-contoh budaya domestik di asosiasi setempat.
Modul ini berangkaian dengan modul lainnya adalah berbagai pilihan penyelesaian hal akibat adanya keberagaman budaya. Hasil belajar yang bakal kalian memperoleh setelah melacak modul ini diharapkan becus :
-
-
-
-
Mengidentifikasi faktor-faktor lantaran keberagaman budaya.
-
Menganalisis faedah keberagaman budaya.
-
Mendeskripsikan contoh-contoh budaya domestik di asosiasi setempat.
-
-
-
Adapun faedah yang bakal kalian terima setelah memahami kompetensi alur (sungai) di modul ini setelah kelak di alam kerja merupakan :
-
-
-
-
-
-
-
Memahami bakal keberagaman budaya di alam kerja apik dalam cara hidup, sikap.
-
Menghormati adanya keberagaman budaya di alam pekerjaan
-
Mematuhi budaya kerja
-
-
-
-
-
-
Mari Mengecek Kemampuan Awal kalian.
Berilah cap cek (Ö) bertemu dengan reaksi yang benar!
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
Kehidupan asosiasi selalu berangkaian dengan kebudayaan.. Setiap suku anak mempunyai keunikan dengan idiosinkrasi budaya sendiri. Antara eka alam dengan alam yang beda memiliki alam yang berparak sehingga memberi corak berparak di keberagaman budaya. Lingkungan sekitar sangat … anak Adam di memenuhi kebutuhan dengan kesentosaan hidupnya. Lingkungan alam meliputi alam sosial dengan alam budaya. Lingkungan alam banyak mempengaruhi terhadap pembuatan kepribadian mandiri. Masyarakat yang hidup di alam pegunungan memiliki cermin habituasi di bentuk bangunan yang bersirap adiluhung dengan memiliki berlimpah jendela. Kontak budaya dengan kebudayaan berbeda berlaku melalui anggota perdagangan, pemencaran agama dengan peperangan. Keberagaman budaya yang saya miliki merupakan benda anak yang tidak ternilai harganya. Tari Jaipong merupakan gaya tari konvensional kuno dari daerah Jawa Tengah. |
BAB II. PEMBELAJARAN
-
Bagaiman Rencana Belajar Siswa?
Siswa diharapkan becus melahirkan agenda belajar yang mencangam hal-hal berikut :
1. Jenis Kegiatan : Memahami dengan membedah bahan secara pribadi dengan kelompok.
2. Jam : Disesuaikan hal beker pembelajran, sekitar 8 beker (4 x pertemuan)
3. Tempat Pencapaian : Disesuaikan hal di bagian dengan di perpustakaan
-
Apa Kegiatan Belajarnya
-
-
-
-
Berdiskusi bagian akan keberagaman budaya berasas faktor-faktor penyebabnya.
-
Berdiskusi bagian akan faedah keberagaman budaya
-
Tugas pribadi akan contoh-contoh budaya domestik bertemu hal masyarakat setempat.
-
-
-
TAMBAHAN BAB 7
-
Keberagaman kebudayaan
Alinea 1.
Manusia dengan akalnya membangun kultur buat melindungi badan dengan memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya. Melalui kultur pula anak Adam memanfaatkan alam buat memenuhi kebutuhan makan, pakaian, obat-obatan, perumahan dengan kebutuhan lainnya.
Manusia sebagai insan sosial, di melakukan hubungan dengan pribadi beda alias dengan blok beda anak Adam mempergunakan budaya bagaikan bahasa, sopan adab dengan etiket istiadat eksklusif sehingga tercipta tata pertalian yang cocok dengan saling bekerja sama.
-
-
kehidupan masyarakat …
-
2. Mengingat alam alam dengan sosial budaya anak Adam berparak eka sama beda maka
TAMBAHAN MATERI MODUL 7
Contoh Budaya domestik di masyarakat
-
-
-
-
-
-
-
Tradisi Dugderan di Kota Semarang
-
-
-
-
-
-
Tradisi dugderan ikut menyemarakkan datangnya bulan puasa khususnya di Kota Semarang. Dengan mengangkat badak ngendhog sebagai ikonnya, adalah binatang yang bentuknya menyerupai persilangan dragon dengan kuda yang dilengkapi dengan sebutir endhog (telur). Tak hanya itu saja, kerajinan belulang dengan othok-othok berkelaluan diidentikkan dengan adat-istiadat ini. Semua barang tersebut definit bakal sulit dijumpai di hari-hari biasa. Selain di seputar Semarang, berlimpah pula bakul yang berawal dari luar kota hanya buat mengadu peruntungan. Diantaranya dari Brebes, Jepara, Sidoarjo, dengan masih berlimpah lagi.
Sebagai penghuni Semarang, definit sadar bangga akibat memegang adat-istiadat unik yang adekuat buat dilestarikan.
-
-
-
-
-
-
-
Kentrung
-
-
-
-
-
-
Tradisi Lisan
Kentrung merupakan salah eka model seni tutur alias adat-istiadat lisan yang berkembang di wilayah di Jawa. Lazimnya, kentrung dimainkan seorang dalang, didukung peralatan tabuh bagaikan kendang, rebana, ketipung, alias jidor. Pada zaman keemasannya, dekade 1970-1980-an, kentrung acap ditanggap buat menyemarakkan hajatan pupak puser (puputan), selapanan bayi, mudhun lemah, alias khitanan. Namun belakangan, kentrung sebagai salah eka benda budaya asosiasi tak pernah hilang. Hal itu amat bergantung ala siap alias tidak artis yang melestarikan bersama dukungan asosiasi penonton sebagai pemilik sah keindahan tersebut. “Dhasare niku pengin nguri-uri. Eman-eman menawi kentrung ical. Dados, nggih ngentrung sakgaduk-gaduk kula.”
-
-
-
-
-
-
-
Tradisi Nyadran di Ngipik, Desa Mayungsari Kecamatan Bener Purworejo
-
-
-
-
-
-
Area pisau dengan pertanian di Dusun Ngipik, Desa Mayungsari, Kecamatan Bener, Purworejo kemarin tak bagaikan biasanya. Sepi dengan mati dengan semilir angin awal yang menawarkan nafas kebahagiaan dari alam di lereng perbukitan tersebut.
Di perempatan dekat balai desa, jalan konblok menuju kuba tampak ramai orang. Sebagian besar bani adam mengenakan busana muslim ala Indonesia lengkap dengan peci. Hanya sebagian kecil bani hawa.
Satu sama beda saling berjabat tangan sembari basa-basi melamar kabar. Terutama belah mereka yang baru pulang dari perantauan. Acara itu seakan menjadi ajang kangen-kangenan.
Sejurus kemudian, mereka turun ke bilangan pemakaman yang memang letaknya di dataran bawah. Sebuah pusara besar sejenis kuba berada di di sebentuk gubug. Di cuilan pinggir, lembaran-lembaran tikar menebak disiapkan sebagai area duduk. Dan jumlah saat pusara tersebut menebak dikelilingi oleh ratusan orang.
Itulah prosesi dahulu ritual nyadran yang telah mentradisi di arena penghuni Dusun Ngipik. Kegiatan yang diyakini keramat dengan berbalut dengan nilai-nilai magis-historis ini dilakukan secara rutin setiap tahun.
“Nyadran ini menjadi bukti melalui bakti saya kepada bibit buwit yang pertama kali membocorkan banat ini.” Pusara yang diziarahi itu diyakini sebagai kuba bibit buwit penghuni banat setempat. Yakni Mbah Sodong Joyo. “Beliau yang pertama kali babat alas sehingga terbentuklah banat ini, “ katanya.
Dia tidak mengetahui persis kapan pusara itu mulai siap di kuba tersebut. Hanya saja, berasas hikayat yang diturunkan dari setiap generasi, pusara Mbah Sodong Joyo itu telah siap sejak ratusan tahun.
“Dari kecil kami diajari anak buah tua kami mudah-mudahan setiap menjelang bulan puasa nyadran dulu eka dukuh ke kuba Mbah Sodong Joyo. Akhirnya terus berlangsung. Mbah Sodong Joyo hidup ala era kerajaan Mataram.
“Entah misinya apa sampai area ini yang konon dulunya masih hutan. Kemudian dibuka dengan dibangun sebentuk banat bernama Mayungsari.
Mbah Sodong Joyo sebenarnya memiliki istri bernama Sodongan yang pusaranya berada di Borobudur, Magelang. Diungkapkan Suparno, dua pusara di Ngipik dengan Borobudur terbongkar memiliki hubungan baru sekitar 8 tahun yang lalu. “Ternyata junjungan istri, “ katanya.
Sudah menjadi adat-istiadat aktivitas nyadran ini dilakukan ala hari Kamis kedua ala bulan Sya’ban.
Rangkuman
-
-
-
-
Faktor-faktor lantaran keberagaman budaya merupakan :
-
kemajemukan suku anak ;
-
lingkungan ; dan
-
kontak dengan kultur asing
-
-
Setiap suku anak memiliki kultur sorangan yang berparak dengan suku anak lain.
-
Kehidupan anak Adam di memenuhi kebutuhan dengan kesentosaan hidup didukung oleh alam sekitar yang meliputi :
-
lingkungan alami
-
lingkungan sosial ; dan
-
lingkungan budaya
-
-
Kontak dengan budaya berbeda berlaku melalui :
-
perdagangan
-
penyebaran agama
-
peperangan
-
-
Keberagaman budaya yang saya miliki merupakan benda budaya dengan kekayaan bersama anak yang tidak ternilai harganya.
-
Menghargai kultur asosiasi beda yang berparak menjadi kewajiban setiap penghuni masyarakat.
-
Contoh kultur domestik di asosiasi setempat boleh berupa : tarian, lagu, bangunan adat, tradisi, alat musik, kesenian, pahat, ukir, patung.
-
-
-
Ayo Mengerjakan Tugas!
Lakukan diskusi blok mengenai faedah keberagaman budaya sebagai potensi arta kultur nasional.
Setelah selesai berdiskusi, buatlah berita buatan diskusi dengan presentasikan di depan bagian dengan bimbingan guru.
Lembar Kerja
Tugas Individu!
Buatlah ciptaan catat mengenai contoh-contoh budaya domestik yang siap di asosiasi sekitar area berdiam kalian.
EVALUASI
-
Soal Pilihan Ganda
Pilihlah salah eka reaksi yang benar di kolong ini dengan bersedekah cap silang (X) ala huruf a, b, c, d alias e!
-
-
-
-
-
-
-
Seluruh canda laku anggota suatu asosiasi merupakan cermin dari kultur yang mereka anut sehingga aktivitas asosiasi selalu berangkaian dengan … .
-
-
-
-
-
-
-
kebudayaan
-
materi
-
pekerjaan
-
mata pencaharian
-
lingkungan
-
-
-
-
-
-
-
Kebudayaan yang dimiliki suatu asosiasi di suatu area berbeda dengan kultur yang dimiliki oleh asosiasi di tempat lain. Hal ini menyebabkan timbulnya … .
-
-
-
-
-
-
-
perbedaan kebudayaan
-
keunikan kebudayaan
-
kebudayaan universal
-
mata pencaharian
-
lingkungan
-
-
-
-
-
-
-
Suku Baduy dengan Tengger mendiami pulau … .
-
-
-
-
-
-
-
Sumatera
-
Jawa
-
Bali
-
Nusa Tenggara Barat
-
Maluku
-
-
-
-
-
-
-
Letak geografis, bentuk tanah, iklim, cuaca, flora dengan fauna yang berada di sekitar anak Adam disebut alam … .
-
-
-
-
-
-
-
alam
-
geologis
-
sosial
-
budaya
-
biotik
-
Kondisi lingkungan geografis yang berbeda-beda menyebabkan setiap suku bangsa memunyai pola-pola habituasi kultur tersendiri terhadap lingkungan. Hal ini melahirkan … .
-
-
-
-
-
-
-
-
kesemestaan budaya
-
cara kultur yang khas
-
kebudayaan lokal
-
gaya hidup sendiri-sendiri
-
tradisi kekeluargaan yang banyak erat
-
-
-
-
-
-
-
-
Masyarakat yang berdiam di derah pegunungan makan bentuk bangunan yang … .
-
beratap sedang, berlimpah jendela
-
beratap tinggi, berlimpah jendela
-
agak rendah, bersirap seng dengan kecil jendela
-
berjendela banyak, bersirap seng
-
beratap gendeng, bentuk bangunan tinggi
-
-
Tradisi sedekah samudra umumnya dimiliki oleh asosiasi yang berdiam di alam … .
-
pegunungan
-
lembah
-
dataran rendah
-
padang pasir
-
pantai
-
-
Lingkungan sosial turut memengaruhi terhadap pembuatan … .
-
kebudayaan masyarakat
-
peradaban manusia
-
kebudayaan lokal
-
kepribadian bangsa
-
kepribadian individu
-
-
Tiap-tiap lingkungan sosial dam budaya memegang karakteristik sendiri-sendiri. Hal ini tercermin di … .
-
kebiasaan sehari-hari para anggotanya
-
bentuk rumah masyarakat
-
peralatan hidup anggota masyarakat
-
sistem mata pencaharian
-
bahasa sehari-hari anggota masyarakat
-
-
Semua bidang aktivitas sosial asosiasi pedesaan berkelaluan terikat dengan mata pekerjaan pertanian sehingga kultur asosiasi pedesaan adalah kultur … .
-
industri
-
agraris
-
nelayan
-
perdagangan
-
jasa
-
-
Masyarakat suku terasing merupakan masyarakt terisolasi akibat … .
-
tingkat kebudayaan masih banyak bersahaja
-
bersifat terbelakang da tertinggal
-
lingkungan geografis
-
lingkungan sosial budaya
-
keterbatasan kemampuan berkomunikasi
-
-
Suku terasing di Indonesia diantaranya merupakan … .
-
Sakai, Baduy dengan Nias
-
Saki, Laut dengan Batak
-
Punan, Taijo dengan Sawu
-
Sakai, Punan dengan Tugutil
-
Bugis, Taijo dengan Toraja
-
-
Lingkungan profesi melakukan blok sosial atas alur (sungai) aktivitas di di masyarakat yang ditandai dengan adanya perbedaan-perbedaan di … .
-
mata pencaharian
-
orientasi nilai budaya
-
kehidupan peradaban
-
adat istiadat
-
cara hidup
-
-
Lingkungan pekerjaan melakukan kultur … .
-
kontemporer
-
tradisional
-
modern
-
berdasar keahlian
-
khusus
-
-
Kontak dengan kultur berbeda berlaku akibat hal asosiasi Indonesia yang banyak heterogen dengan bersifat … .
-
terbuka
-
tertutup
-
tradisional
-
bersahaja
-
modern
-
-
Kontak dengan budaya berbeda berlaku melalui unsur-unsur berikut :
-
-
-
perdagangan
-
penyebaran agama
-
peperangan
-
perembesan kebudayaan
-
sarana komunikasi
-
-
-
Jawaban yang adil merupakan … .
-
1, 2 dengan 3
-
1, 2 dengan 4
-
2, 3 dengan 4
-
2, 4 dengan 5
-
3, 4 dengan 5
-
Keberagaman budaya yang dimiliki oleh suku-suku anak merupakan … .
-
potensi konflik menemani suku
-
sumber dan kekayaaan budaya
-
penghambat proses integrasi
-
kekuatan terpendam yang tidak ternilai
-
penghambat hubungan menemani bangsa
-
-
Setiap daerah memiliki lagu alam dengan gaya tari alam alias gaya tari tradisional bagaikan gaya tari Bedoyo dengan Serimpi yang berawal dari daerah … .
-
Jakarta
-
Jawa Barat
-
Jawa Tengah
-
Daerah Istimewa Yogyakarta
-
Jawa Timur
-
-
Berbagai rumah etiket di daerah-daerah Indonesia juga beraneka ragam bentuknya bagaikan rumah etiket Lamin dari alam … .
-
Kalimantan
-
Kalimantan Barat
-
Kalimantan Tengah
-
Kalimantan Timur
-
Kalimantan Selatan
-
-
Jawa Tengah memiliki ragam budaya keindahan konvensional kuno bagaikan dansa Gambyong berawal dari alam … .
-
Semarang
-
Surakarta
-
Magelang
-
Boyolali
-
Klaten
-
-
Soal Uraian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di kolong ini dengan benar!
-
-
-
-
Deskripsikan apa pasal aktivitas asosiasi berkelaluan berangkaian dengan kebudayaan!
-
Identifikasikan faktor-faktor lantaran keberagaman kebudayaan!
-
Berilah bukti bahwa setiap suku anak memiliki kultur sendiri yang berparak eka dengan lainnya.
-
Jelaskan apa pasal setiap suku anak memiliki pola-pola habituasi kebudayaan tersendiri terhadap lingkungan!
-
Jelaskan perbedaan pola-pola habituasi suku anak yang berdiam di daerah landai dengan alam pegunungan!
-
Jelaskan apa pasal alam sosial boleh mempengaruhi pembuatan kepribadian individu!
-
Deskripsikan alam budaya asosiasi kita!
-
Jelaskan betapa dengan cara apa alam budaya asosiasi alam terasing!
-
Deskripsikan bagaiman pergesekan dengan kultur berbeda boleh terjadi?
-
Berilah contoh kebudayan domestik yang siap di msyarakat area tinggal kalian!
-
-
-
MODUL 8
BERBAGAI ALTERNATIF PENYELESAIAN MASALAH AKIBAT ADANYA KEBERAGAMAN BUDAYA
BAB I PENDAHULUAN
-
-
Apa Yang Dipelajari?
-
Modul yang kalian pelajari ini bakal membawakan kalian buat mengenali berbagai pilihan penyelesaian hal akibat adanya keberagaman budaya. Adapun ruang cakupan bahan mencangam masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya; pentingnya konsolidasi nasional, fungsi masyarkat di membela harmoni menemani budaya fungsi negeri di membela harmoni menemani budaya.
Modul ini berangkaian dengan modul lainnya mengenai memberitahukan aksi pemaafan dengan afinitas sosial terhadap keberagaman budaya. Hasil belajar yang bakal kalian memperoleh setelah melacak modul ini diharapkan kalian bakal becus :
-
-
-
-
Menjelaskan masalah-masalah yang muncul akibat adanya keberagaman budaya.
-
Mendeskripsikan pentingnya konsolidasi nasional
-
Mengidentifikasi fungsi negeri di membela harmoni menemani budaya
-
Mengidentifikasi fungsi asosiasi di membela harmoni menemani budaya
-
-
-
Adapun faedah yang bakal kalian terima setelah memahami kompetensi alur (sungai) di modul ini kelak di alam industri.
-
-
-
-
-
-
-
menyadari adanya keberagaman budaya yang dimiliki oleh para karyawan
-
mampu menanggulangi masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya
-
mampu membela harmoni menemani budaya
-
-
-
-
-
-
-
-
Mari Mengecek Kemampuan Awal Kalian.
-
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di kolong ini dengan reaksi singkat!
-
-
-
-
Masyarakat Indonesia yang beraneka ragam budaya banyak berpotensi menimbulkan … .
-
Konflik yang banyak laten di Indonesia berangkaian langsung dengan … .
-
Suatu bentuk dimana norma-norma dengan nilai-nilai di masyarkat memudar akibat perubahan-perubahan yang berlaku ala lembaga-lembaga asosiasi sehingga tidak siap keserasian ala bagian-bagian dari suatu kesatuan dinamakan … .
-
Alat penanggulangan sosial buat mencapai tujuan asosiasi merupakan … .
-
Masalah-msalah sosial yang berlaku di asosiasi boleh berupa perilaku yang menyimpang dari … .
-
Hasrat dengan kebangkitan buat bersatu sebagai eka kesatuan anak direalisasikan di kesepakatan nasional melalui … .
-
Membuat asosiasi menjadi eka kesatuan yang bulat dinamakan … .
-
Salah eka anggota … di memantapkan kebangkitan nasional dengan kesatuan anak merupakan peringatan Kebangkitan Nasional setiap tanggal … .
-
Pola gajak anak Indonesia yang merupakan cuilan dari budaya nasional merupakan … .
-
Dalam membela harmoni menemani budaya diperlukan ——– … dan … .
-
-
-
BAB II PEMBELAJARAN
-
Bagaimana Rencana Belajar Siswa?
Siswa diharapkan becus melahirkan agenda belajar yang mencangam hal-hal berikut ini :
1. Jenis Kegiatan : Memahami dengan mengenali bahan secara pribadi dengan kelompok
2. Jam : Disesuaikan dengan hal beker pembelajaran, sekitar 8 beker (4 x pertemuan)
3. Tempat Pencapaian : Disesuaikan hal di bagian dengan di perpustakaan.
-
Apa Kegiatan Belajarnya?
-
-
-
-
-
-
-
Berdiskusi akan masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya.
-
Menyimak penerangan akan pentingnya konsolidasi maksimal berdasarkan NKRI.
-
Berdiskusi blok akan fungsi negeri dengan asosiasi dalam membela harmoni menemani budaya.
-
-
-
-
-
-
Rangkuman
-
-
-
-
Keberagaman budaya menimbulkan hal bagaikan :
-
-
-
-
Konflik
-
Desintegrasi (disorganisasi)
-
Reintegrasi
-
Masalah hubungan dengan penduduk pendatang
-
Kecemburuan sosial terhadap blok lain
-
Perasaan primordial
-
Perbedaan yang banyak mencolok
-
Rasa fanatik yang banglas dengan tidak masuk akal di mengamalkan ajaran agama
-
Perbedaan tabiat, sopan adab diantara anak Indonesia
-
-
-
-
Alternatif jalan lepas hal yang ditimbulkan oleh keberagaman agama.
-
-
-
-
mengendalikan agar bentrokan tidak berubah wujud menjadi kekerasan
-
mengembangkan perasaan saling menghargai
-
mengikis habis ciri stereotip etnik maupun sifat etnosentris.
-
Mengembangkan sikap pemaafan yang adiluhung menemani bani Adam beragama
-
Mengembangkan berbagai cermin hubungan di asosiasi multikultural bagaikan :
-
-
-
-
-
-
-
asimilasi
-
self segregation
-
integrasi
-
pluralisme
-
-
-
-
Integrasi masuk akal anak Indonesia merupakan angan-angan dengan kebangkitan untuk bersatu sebagai eka anak yakni anak Indonesia.
-
Langkah-langkah menuju integrasi
-
-
-
-
mengembangkan konsensus
-
mengembangkan peran struktur masyarakat
-
upaya pemerintah membangun integrasi
-
-
-
-
Perwujudan konsolidasi nasional melalui :
-
-
-
pakaian
-
bahasa
-
lambang dan ciri-ciri kebangsaan
-
perilaku dan
-
lembaga
-
-
Dalam menjaga harmoni menemani budaya diperlukan fungsi asosiasi dari pemerintah.
Mari Mengerjakan Tugas!
Lakukan diskusi blok mengenai masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya.
Setelah kalian berbahasan buatlah berita buatan diskusi.
Lembar Kerja
Isilah kolom-kolom berikut ini!
No |
Menjaga harmoni menemani budaya |
Peran di membela harmoni menemani budaya |
1 2 |
Masyarakat Pemerintah |
…………………………………………………… …………………………………………………… |
BAB III EVALUASI
-
-
Soal Pilihan
-
Berilah cap silang (X) ala huruf a, b, c, d alias e sebagi reaksi yang tepat!
-
-
-
-
Masyarakat Indonesia yang multikultural, memiliki struktur sosial yang beragam, memiliki perbedaan-perbedaan di keadaan selera, nilai dengan norma banyak berpotensi menimbulkan … .
-
konflik
-
perubahan sosial
-
perubahan kebudayaan
-
kegoncangan budaya
-
kerja sama
-
-
Konflik tingkat ideology dengan bentrokan tingkat garis haluan merupakan bentuk bentrokan sosial berasas … .
-
tingkatnya
-
jenisnya
-
macamnya
-
sifatnya
-
penyebabnya
-
-
Terjadi pertentangan antara norma-norma yang siap di di masyarakat merupakan salah eka gejala dahulu kejadian … .
-
konflik
-
disintegrasi
-
reintegrasi
-
arbitrasi
-
mediasi
-
-
Pada tahap bertambah lanjut cermin aktivitas disintegrasi bakal menimbulkan gejala aktivitas sosial yang … .
-
normal
-
tidak normal
-
selaras
-
serasi
-
seimbang
-
-
Alternatif jalan lepas hal bentrokan tingkat ideologi masing-masing suku, bagian sosial dengan ras hendaknya becus mengembangkan … .
-
akses membentuk aktivitas demokrasi
-
partisipasi dari blok minoritas
-
perasaan saling menghargai
-
sifat etnosentris masing-masing suku
-
prinsip-prinsip keadilan dengan keujuran
-
-
Kelompok etnis yang berparak secara bertahap boleh mengadopsi budaya dengan angka yang siap di blok besar masyarakat. Hal ini berlaku melalui cermin hubungan jalan … .
-
integrasi
-
self segregation
-
difusi
-
asimilasi
-
akulturasi
-
-
Hasrat dengan kesadarn buat bersatu sebagai eka anak adalah bangsa Idonesia disebut … .
-
integrasi nasional
-
konsensus nasional
-
loyalitas nasional
-
interaksi sosial
-
kontak sosial
-
-
Salah eka pilihan jalan lepas hal akibat keberagaman budaya adalah penanaman aksi pemaafan dengan afinitas sosial khususnya melalui badan … .
-
pemerintahan
-
perkawinan
-
keagamaaan
-
kemasyarakatn
-
pendidikan
-
-
Salah eka anasir penunjang konsolidasi nasional Indonesia merupakan … .
-
adanya anasir sejarah yang menimbulkan melalui sepenanggungan seperjuangan
-
adanya penanggulangan social yang berfungsi apik di masyarakat
-
terjadinya proses-proses sosial di hubungan sosial yang bersifat disosiatif
-
adanya anggapan primordialisme yang banyak kuat
-
dibukanya akses seluas-luasnya buat membabarkan aktivitas demokrasi
-
-
Unsur yang penting di konsolidasi nasional merupakan … .
-
menghargai perbedaan
-
memahami keragaman budaya
-
sikap torelansi dengan empati
-
kesadaran dengan azam bersatu
-
adanya melalui cinta butala air
-
-
Salah eka anasir penghambat konsolidasi nasional di Indonesia adalah … .
-
adanya adicita etnosentrisme
-
adanya keinginan buat bersatu
-
adanya kesepakatn nasional
-
adanya pola-pola hubungan sosial
-
kelebihan dengan cacat yang dimiliki suku-suku bangsa.
-
-
Upaya negeri di membangun konsolidasi merupakan … .
-
membuka alam terisolir melalui pembentukan aparat transportasi dan komunikasi
-
menambah frekuensi perkawinan campur menemani suku
-
menciptakan kreasi baru bentuk kebudayaan
-
mengembangkan kesepakatan nasional mengenai nilai-nilai kemasyarakatan
-
mengembangkan fungsi struktur asosiasi yang bersifat saling menyilang
-
-
Melakukan pengalihan penduduk secara terprogram melalui transmigrasi merupakan cara negeri di membangun … .
-
kesatuan budaya bangsa
-
partisipasi di pembangunan
-
pola-pola aktivitas sosial yang serasi
-
solidaritas nasional
-
integrasi nasional
-
-
Bahasa Indonesia sebagai perwujudan budaya dengan bahasa nasional memiliki fungsi diantaranya merupakan … .
-
identitas bangsa
-
benda kebudayaan
-
landasan ideology
-
acuan cermin gajak bangsa
-
cermin kepribadian bangsa
-
-
Arena alias forum perwujudan konsolidasi nasional bisa dilaksanakan melalui berbagai jalan antara beda … .
-
lembaga garis haluan dengan pemerintahan
-
lembaga erkawinan
-
lembaga keagamaan
-
kelompok kemasyarakatan
-
kelompok sosial
-
-
Contoh badan garis haluan sebagai forum perwujudan interasi nasional adalah ….
-
Majelis Permusyawaratan Rakyat
-
Dewan Perwakilan Rakyat
-
Organisasi kemasyarakatan
-
Lembaga Swadaya Masyarakat
-
Partai politik
-
-
Salah eka fungsi asosiasi di membela harmoni menemani budaya merupakan … .
-
melestarikan puncak-puncak kultur anak yang berkembang di daerah-daerah
-
memupuk kebangkitan bersejarah di angan-angan terhadap warisan budaya
-
penyebarluasan penerangan kebudayaaan lewat ekshibisi benda-benda budaya
-
mengenal bertambah dekat akan afair bersama pelaku sejarah bangsanya
-
meningkatkan komplimen terhadap kesenian
-
-
Diperlukan adanya kultur yang bermutu tinggi, bertambah beradab yang boleh diwariskan kepada angkatan yang bakal datang merupakan peran … .
-
umat manusia
-
masyarakat
-
pemerintah
-
organisasi kemasyarakatan
-
lembaga pendidikan
-
-
Penyebarluasan penerangan kultur pertama lewat pameran dengan peragaan benda-benda budaya di gedung-gedung museum merupakan program … .
-
kesejarahan
-
kepurbakalaan
-
permusiuman
-
kesenian
-
perpustakaan
-
-
Program yang bertujuan buat memperkenalkan nilai-nilai budaya bangsa di era lampau, maupun era sekarang merupakan acara … .
-
pengembangan kesenian
-
kerja sama lintas sektoral
-
inventarisasi kebudayaan
-
pembinaan penghayatan kepercayaan
-
pembukuan dengan perpustakaan
-
-
-
-
-
-
Soal Uraian!
-
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di kolong ini dengan benar!
-
-
-
-
-
-
-
Jelaskan apa pasal bentrokan berlaku di masyarakat?
-
Jelaskan neko-neko bentrokan berasas jenisnya!
-
Kemukakan jumlah gejala dahulu desintegrasi.
-
Jelaskan masalah-masalah sosial yang berlaku di asosiasi akibat disintegrasi!
-
Deskripsikan dua langkah yang harus dilakukan sebagai alternatif jalan lepas hal yang ditimbulkan oleh keberagaman budaya!
-
Kemukakan fagtor-faktor yang membantu konsolidasi nasional Indonesia!
-
Deskripsikan langkah-langkah menuju integrasi!
-
Kemukakan upaya-upaya yang dilakkan negeri di menciptakan integrasi!
-
Deskripsikan 5 (lima) pesan asosiasi di membela kelestarian menemani budaya!
-
Jelaskan apa pasal saya perlu membabarkan aksi perseptif terhadap nilai-nilai budaya.
-
-
-
-
-
-
MODUL 9
SIKAP TOLERANSI DAN EMPATI SOSIAL TERHADAP KEBERAGAMAN BUDAYA
BAB I PENDAHULUAN
Modul ini bakal membawakan kalian buat memberitahukan aksi pemaafan dengan afinitas sosial terhadap keberagaman budaya. Adapun ruang cakupan bahan mencangam : menaksir budaya anak buah beda dengan membela dengan melestarikan budaya lokal.
Hasil belajar yang bakal kalian memperoleh setelah melacak modul ini diharapkan becus :
-
-
-
-
menunjukkan di aksi sehari-hari akan menaksir budaya orang lain.
-
menunjukkan jumlah aksi perseptif yang harus dikembangkan di masyarakat multikultural
-
memberi contoh sikap-sikap menaksir kultur anak buah beda yang berbeda
-
menunjukkan di aktivitas sehari-hari membela dengan melestarikan budaya lokal
-
-
-
Adapun faedah yang bakal kalian terima setelah memahami kompetensi alur (sungai) ini kelak di alam perusahaan merupakan :
-
-
-
-
-
-
-
mampu bersikap menaksir kultur anak buah beda di alam kerja
-
mampu membela budaya formasi di area kerja
-
-
-
-
-
-
-
-
Mari Mengecek Kemampuan
-
Isilah titik-titik berikut ini dengan reaksi yang tepat!
-
-
-
-
keberagaman kultur suku anak merupakan potensi buat menumbuhkan … dengan … .
-
Keberagaman budaya suku anak rentan kejadian … .
-
Gejala disintegrasi diantara anak Indonesia boleh dicegah apabila siap melalui saling … .
-
Keragaman budaya Indonesia merupakan alur (sungai) pembangunan ciri-ciri bangsa dengan … .
-
Dalam asosiasi multikultural diperlukan aksi … dengan … dari setiap anggota masyarakat.
-
Toleransi sosial merupakan aksi saling menaksir … yang siap dalam masyarakat.
-
Kita harus meninggalkan aksi primordialisme pertama yang menjurus ala aksi … dengan … .
-
Melalui aksi saling menaksir kultur suku anak yang berbeda boleh memperkokoh … dengan … .
-
Dalam membabarkan kultur anak perlu ditumbuhkan dengan dilestarikan angka budaya … .
-
Dalam menyerap kultur berbeda saya harus bersikap … .
-
-
-
BAB II PEMBELAJARAN
-
Bagaimana Rencana Belajar Siswa?
Siswa diharapkan becus melahirkan agenda belajar yang mencangam hal-hal berikut ini :
1. Jenis Kegiatan : memahami dengan membedah bahan secara individu
2. Jam : disesuaikan hal beker pembelajaran sekitar 6 beker (6 x pertemuan)
3. Tempat pencapaian : disesuaikan hal kelas
-
Apa Kegiatan Belajarnya?
-
-
-
-
-
-
-
Simulasi akan aksi menaksir budaya anak buah lain
-
Bermain fungsi akan membela dengan melestarikan budaya lokal
-
-
-
-
-
-
RANGKUMAN
-
-
-
-
Bangsa Indonesia memiliki keberagaman budaya yang merupakan potensi di menumbuhkan melalui asosiasi dengan kesatuan bangsa.
-
Dalam aktivitas asosiasi multikultural menaksir budaya anak buah lain yang berparak merupakan kewajiban setiap penghuni masyarakat.
-
Sikap pemaafan dengan afinitas sosial setiap anggota asosiasi sangat penting di asosiasi multikultural.
-
Toleransi sosial merupakan aksi yang menaksir perbedaan-perbedaan sosial yang terdapat di masyarakat.
-
Empati merupakan bentuk mental yang melahirkan seseorang sadar alias mengidentifikasikan dirinya di keadaan, anggapan alias akal yang sama dengan anak buah alias blok lain.
-
Dalam membabarkan aksi saling mahir dengan saling menaksir antar pribadi alias blok yang beranekaragam dengan mengedepankan hubungan dengan dialogis yang bersifat menemani individu dengan blok tersebut.
-
Kebudayaan nasional diambil dari puncak-puncak prestasi budaya daerah (lokal) sehingga budaya domestik perlu dijaga, dipelihara dengan dilestarikan sehingga boleh memperkuat dengan arta keberagaman budaya bangsa.
-
-
-
Ayo Mengerjakan Tugas
Lakukan diskusi bersama di blok “Sikap-sikap apakah yang saya perlukan di menyikapi asosiasi Indonesia yang multikultural?”
Setelah selesai berdiskusi, buatlah pelaporan buatan diskusi dengan presentasikan di depan bagian dengan bimbingan guru!
Lembar Kerja
Isilah kolom-kolom berikut ini.
No |
Sikap |
Contoh di kehidupan |
1 2 3 |
Toleransi sosial Empati sosial Cinta butala air |
……………………………………………….. ……………………………………………….. ……………………………………………….. |
BAB III EVALUASI
-
-
Soal Pilihan
-
Pilihlah salah eka reaksi yang adil dengan bersedekah cap silang (X) ala huruf a, b, c, d alias e!
-
-
-
-
Keberagaman kultur suku anak di Indonesia rentan kejadian konflik … .
-
-
-
-
budaya
-
sosial
-
ideologi
-
politik
-
ekonomi
-
-
-
-
Gejala disintegrasi boleh dicegah apabila siap melalui … .
-
-
-
-
saling percaya
-
saling tergantung
-
saling menghargai
-
menghormati
-
simpati
-
-
-
-
Dasar pembangunan ciri-ciri dengan kultur nasional Indonesia adalah … .
-
-
-
-
sikap toleransi sosial
-
sikap empati sosial
-
keberagaman budaya
-
budaya lokal
-
integrasi bangsa
-
-
-
-
Sikap menaksir perbedaan sosial yang terdapat di asosiasi adalah ….
-
-
-
-
imitasi
-
sugesti
-
empati
-
toleransi sosial
-
politik aliran
-
-
-
-
Dalam membabarkan aksi mahir dengan saling menaksir menemani individu alias blok yang beraneka ragam melalui langkah yang terbaik / dengan membentangkan … .
-
-
-
-
komunikasi dan dialogis
-
sikap etnosentris
-
sikap primordialisme
-
gotong royong
-
musyawarah
-
-
-
-
Sikap perseptif yang harus dikembangkan di asosiasi multikultural merupakan … .
-
-
-
-
menumbuhkan budaya belajar
-
mengembangkan rasa nasionalisme
-
saling menjaga hubungan baik
-
ikut berpartisipasi di aktivitas sosial
-
menyelenggarakan pentas seni bersama
-
-
-
-
Sikap pemaafan dengan saling pengertian menemani sesama anggota masyarakat bakal terwujud bila adanya … .
-
-
-
-
perlindungan negara
-
kebebasan dalam berorganisasi
-
kesadaran sosial
-
jaminan sosial
-
kepastian hukum
-
-
-
-
Contoh aksi saling menaksir budaya anak buah beda sehari-hari adalah … .
-
-
-
-
saling menjaga hubungan baik
-
mengembangkan sikap etnosentris yang berlebihan
-
mengembangkan rasa nasionalisme
-
menyelesaikan semua bentrokan sosial
-
menegakkan supremasi hukum
-
-
-
-
Dalam membabarkan melalui chauvinisme pertama dilakukan melalui … .
-
-
-
-
penghayatan wawasan kebangsaan
-
menumbuhkan sikap chauvinisme
-
kompromi di setiap konflik
-
menyelesaikan semua bentrokan secara akomodatif
-
menerima bahwa setiap suku memiliki kultur daerah
-
-
-
-
Menegakkan daulat adat artinya bahwa sarwa peraturan formal harus berlaku ala … .
-
-
-
-
sekelompok orang
-
kelompok sosial
-
organisasi sosial
-
semua warga negara
-
golongan mayoritas
-
-
-
-
Agar di asosiasi tumbuh aksi dengan gajak yang kreatif dengan inovatif alkisah perlu menumbuhkan budaya … .
-
-
-
-
meniru
-
belajar
-
asing
-
kerja keras
-
lokal
-
-
-
-
Dalam jalan pembentukan dengan pembangunan kultur anak harus dihindari sikap
-
-
-
feodal
-
eksklusif
-
paham kedaerahan yang sempit
-
solidaritas
-
tenggang rasa
-
-
-
-
-
-
Jawaban yang adil merupakan … .
-
1, 2 dengan 3
-
1, 2 dengan 4
-
2, 3 dengan 4
-
2, 4 dengan 5
-
3, 4 dengan 5
-
-
-
-
Sikap yang diperlukan di jalan pembentukan dengan pembangunan kebudayaan anak merupakan … .
-
-
-
tenggang rasa
-
mawas diri
-
eksklusif
-
kesetiakawanan
-
etnosentris
-
-
-
-
-
-
Jawaban yang adil merupakan … .
-
1, 2 dengan 3
-
1, 2 dengan 4
-
2, 3 dengan 4
-
2, 4 dengan 5
-
3, 4 dengan 5
-
-
-
-
Kebudayaan nasional diambil dari kultur alam yang bercirikan … .
-
-
-
-
memiliki corak idiosinkrasi sendiri
-
memiliki nilai-nilai dengan norma social
-
tidak menjurus ala pandangan etnosentris
-
memiliki nilai-nilai budaya positif
-
telah digunakan di tempo yang banyak lama
-
-
-
-
Kebudayaan nasional diambil dari puncak-puncak prestasi budaya … .
-
-
-
-
pendidikan
-
belajar
-
manca Negara
-
dunia
-
daerah
-
-
-
-
Untuk arta bdaya nasional di menyerap budaya berbeda harus bersikap …
-
-
-
-
selektif
-
masa bodoh
-
pasif
-
kondusif
-
tertutup
-
-
-
-
Bangsa Indonesia tidak ingin dengan tidak bakal basmi perbedaan-perbedaan yang menebak siap akibat tindakan basmi perbedaan tersebut bertentangan dengan … .
-
-
-
-
kodrat
-
nilai-nilai luhur
-
budaya universal
-
hak asasi manusia
-
hukum yang berlaku
-
-
-
-
Bangsa Indonesia memiliki keanekaragaman suku anak yang berbicara di berbagai bahasa daerah, alkisah perlu pembinaan bahasa alam di rangka … .
-
-
-
-
memperkokoh persatuan dengan kesatuan
-
memperkaya perbendaharaan bahasa Indonesia
-
membina ketahanan budaya
-
memperkokoh jati badan budaya nasional
-
menyelamatkan warisan budaya leluhur
-
-
-
-
Tiap-tiap suku anak memiliki sistem keindahan yang disebut kesenian alam buat menampung, menumbuhkan bersama meluaskan apresiasi asosiasi terhadap seni alkisah diselenggarakan … .
-
-
-
-
sistem komunikasi yang terpadu
-
program inventarisasi kebudayaan
-
festival pekan keindahan alias pagelaran seni
-
forum komunikasi para ahli pikir budaya
-
kerja sama lintas sektoral
-
-
-
-
Aliran kepercayaan (sistem religi) terhadap Tuhan Yang Maha Esa merupakan cuilan dari kultur lokal. Keberadaan cucuran kepercayaan tersebut tidak perlu dipertentangkan, oleh akibat itu perlu aksi … .
-
saling meluhurkan dengan menghargai
-
mencintai ciptaan budaya bangsa
-
selektif di pergaulan
-
mengembangkan kebangkitan sosial
-
menerima bahwa tiap suku memiliki budaya domestik masing-masing.
-
-
-
-
-
-
Soal Uraian
-
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di kolong ini!
-
-
-
-
-
-
-
Deskripsikan apa pasal keberagaman budaya suku-suku anak di Indonesia rentan kejadian bentrokan budaya yang boleh menimbulkan gejala disintegrasi!
-
Jelaskan apa pasal di menyikapi keberagaman budaya diperlukan sikap pemaafan dengan afinitas sosial!
-
Jelaskan yang dimaksud dengan pemaafan sosial!
-
Jelaskan aksi perseptif yang harus dikembangkan di asosiasi yang beraneka ragam budaya!
-
Jelaskan apa pasal sonder kepastian adat sifat pemaafan dengan saling pengertian menemani sesama anggota asosiasi tidak boleh terwujud.
-
Berilah 4 (empat) contoh aksi menaksir budaya anak buah beda dalam pertalian hidup sehari-hari!
-
Deskripsikan apa pasal di asosiasi multikultural harus menghindari aksi feodal, aksi individual dengan adicita kedaerahan yang sempit?
-
Kemukakan ciri-ciri kultur nasional yang diambil dari kebudayaan alam (lokal).
-
Jelaskan apa pasal di pembentukan kultur nasional bersifat terbuka!
-
Deskripsikan upaya-upaya yang harus saya lakukan di membela dan melestarikan keindahan alam (kesenian tradisional).
-
-
-
-
-
-
Oke pembahasan tentang BERBAGAI BUDAYA LOKAL, PENGARUH BUDAYA ASING DAN HUBUNGAN ANTAR BUDAYA semoga tulisan ini menambah wawasan terima kasih
Tulisan ini diposting pada label contoh kebudayaan asing, contoh budaya asing yang positif, contoh budaya asing yang negatif,
Komentar
Posting Komentar