Langsung ke konten utama

Kesenian Daerah Di Toraja @ JoTravelGuide.com Kesenian Suku Toraja

Kesenian Daerah di Toraja @ JoTravelGuide.com

Allow, selamat sore di "Indonesia Dalam Berita", pada kali ini akan membawa pembahasan tentang kesenian suku toraja Kesenian Daerah di Toraja @ JoTravelGuide.com simak selengkapnya

Bone Balla’ or Ondo Samalele

Kesenian Daerah di Toraja @ JoTravelGuide.com

Para wanita dan remaja perempuan dari sebentuk anak bini besar, yang baru saja menyelesaikan pembentukan Tongkonan mereka, menyajikan gaya tari ini buat menunjukan rasa syukur mereka. Tarian ini diiringi oleh corak yang disebut “Passengo”, sebentuk musik buat memuji Tuhan. Pada belahan final tarian, semua anggota anak bini beserta ambil belahan pada tarian.

MUSIK TRADISIONAL

Passuling

Ini merupakan bangsi tradisional Toraja, yang lagi dikenal dengan nama “Suling Lembang”. Seruling dimainkan oleh kelompok jantan buat mengiringi “Pa’Marakka” atau corak duka yang dinyanyikan oleh para wanita. Mereka membawakan kecakapan tradisional ini buat menyambut tamu, yang hadir buat menyampaikan rasa duka mengatur kepada anak bini yang alang berduka.

Kesenian Daerah di Toraja @ JoTravelGuide.com

Pa’pelle/Pa’barrung

Sebuah gawai musik yang terlihat bagai terompet, terbuat dari jerami yang dirakit dengan daun kelapa. Biasanya dimainkan selama peralatan pelafalan syukur setelah menyelesaikan pembentukan rumah Tongkonan.

Pa’pompang/Pa’bas

Pa’pompang merupakan sebentuk orkestra bambu yang dimainkan oleh murid anak bawang selama peralatan nasional, bagai Hari Kemerdekaan, ulang tahun kota, dan festival nasional. Para murid memainkan lagu-lagu kontemporer, corak daerah, dan corak gereja.

Pa’tulali

Sebuah gawai musik bambu berukuran halus yang dimainkan dengan cara ditiup buat menghasilkan suara yang indah.

Pa’geso’geso’

Sebuah gawai musik yang terbuat dari kayu dan batok kelapa dengan senar.

UPACARA TRADISIONAL

Di kebudayaan Toraja, babi dan munding merupakan hewan-hewan utama buat dikorbankan ala setiap upacara, terutama Rambu Solo atau peralatan penguburan Toraja dan Rambu Tuka atau peralatan pelafalan syukur Toraja. Sebagai hewan yang istimewa, kadar munding di Toraja bisa sangat mahal dibandingkan dengan alun-alun lain di Indonesia. Satu munding “putih” besar harganya bisa mencapai sepuluh juta rupiah.

Rambu Tuka (Upacara Pengucapan Syukur)

Ini merupakan peralatan tradisional yang diadakan oleh sebentuk anak bini atau apalagi seluruh desa. Biasanya disertai dengan mengorbankan ayam, babi atau munding buat menunjukan rasa syukur kepada Tuhan atas musim panen atau “Tongkonan” baru.

Sebagai belahan dari upacara, tari Manimbong akan dibawakan oleh jantan yang memakai baju tradisional khusus yang disebut “Baju Pokko” dan “Seppa Tallu Buku”, yang dihiasi dengan parang kuno.

Klik di aku buat mendapati Rambu Tuka: www.youtube.com.

Rambu Solo (Upacara Pemakaman)

“Rambu Solo” merupakan peralatan penguburan terbanyak di Tana Toraja yang diadakan oleh anak bini duka. Keluarga harus mempersembahkan banyak munding besar, babi, dan binatang lain ala peralatan ini, tergantung ala status sosial dari anak bini duka. Biasanya peralatan ini menjadi daya tarik yang cukup besar bagi para wisatawan.

Dipengaruhi oleh kepercayaan setempat, adalah “Aluk Todolo”, orang Toraja percaya bahwa keadaan buruk barangkali terjadi andaikan anak bini yang ditinggalkan tidak mengadakan upacara, tetapi saat ini banyak anak bini melakukan Rambu Solo ini sebagai belahan dari adat-istiadat mereka.

Upacara Rambu Solo terdiri dari beberapa jenis, adalah “Disilli”, adalah peralatan penguburan buat anak-anak atau balita dengan mengorbankan satu ekor babi saja; “Dipasangbongi”, adalah peralatan penguburan buat remaja dan orang dewasa dari bagian terendah, yang biasanya berlangsung semalman dengan mengorbankan satu munding dan empat babi; “Dipatallung Bongi”, adalah peralatan penguburan buat bagian menengah yang dilakukan selama tiga lilin lebah dengan mengorbankan empat munding dan banyak babi; “Dipapitung Bongi”, adalah peralatan penguburan selama tujuh yaum buat bagian amat adiluhung dengan mengorbankan banyak munding dan babi; dan “Dirapai”, adalah peralatan penguburan termewah buat bagian sosial amat adiluhung yang berlangsung selama lebih dari satu tahun dan membutuhkan sekitar 24 munding dan ratusan babi besar buat dikorbankan.

Di kolong ini merupakan beberapa ritual yang menjadi belahan dari peralatan ini.

Klik di aku buat mendapati Rambu Solo: www.youtube.com.

Ma’pasilaga Tedong

Ini merupakan adu munding air atau dikenal sebagai "Ma'pasilaga Tedong ". Adu munding merupakan salah satu belahan hiburan ala peralatan pemakaman. Berbeda dengan anoa di Spanyol yang dilakukan celah matador dengan seekor, banteng, adu munding di Toraja ini hanya dilakukan oleh duet ekor munding saja.

Klik di aku buat mendapati Ma’pasilaga: www.youtube.com.

Sisemba

Ini merupakan sebentuk "pertunjukkan" dari sekelompok jantan atau anak jantan yang mencoba memukul atau menendang suku lawan hanya dengan menggunakan suku mereka, sehingga terlihat bagai alang berperang. "Perkelahian" ini dianggap sebagai sebentuk permainan yang adil, atas tidak suah "menyerang" seseorang yang berada di tanah sekali lalu mengangkat tangannya.

Bagi mengatur yang tidak terbiasa dengan budaya semacam ini, ini dapat dilihat sebagai festival keras. Sama bagai beberapa orang yang tidak suka bogem mentah atau permainan kasar lain atas alasan yang sama. Namun, pertunjukkan tradisional ini menjadi keadaan yang langka buat dilihat saat ini.

Klik di aku buat mendapati Ma’pasilaga: www.youtube.com.

Ma’tinggoro Tedong / Pembantaian Kerbau

Sebuah adat-istiadat di mana seorang pria menebas leher munding yang pernah ditambatkan ala sebentuk bongkah besar dengan golok tajam. Ini merupakan prosesi final dari ritual "Rambu Solo".

Untuk sebagian orang, prosesi ini dapat dilihat sebagai satu tindakan kejam, namun buat sebagian orang lagi barangkali saja mengatur melihatnya dari perspektif yang berbeda, bagai dari sudut pandang budaya dan sebagainya. Sama bagai di negara lain, beberapa orang bisa menerima konsep adu anoa (antara manusia dan anoa = "matador") tetapi ada lagi yang tidak dapat menerimanya.

Klik di aku buat mendapati Ma’tinggoro Tedong: www.youtube.com (bisa dikategorikan sebagai video yang mengandung anggota kekerasan, jangan di klik/tonton andaikan Anda tidak mengasyiki tayangan yang mengandung anggota kekerasan).

Sekian penjelasan perihal Kesenian Daerah di Toraja @ JoTravelGuide.com semoga artikel ini bermanfaat terima kasih

Tulisan ini diposting pada label kesenian suku toraja, kesenian di suku toraja, kesenian dari suku toraja,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami Teori Utilitas, Marginal Utility, Indifference Curve, Dan Marginal Rate Of Substitution Pengertian Marginal Utility

Hallo, selamat sore di "Indonesia Dalam Berita", artikel ini akan membawa pembahasan mengenai pengertian marginal utility Memahami Teori Utilitas, Marginal Utility, Indifference Curve, dan Marginal Rate of Substitution simak selengkapnya Untuk barang kali ini kita bakal belajar atas aturan utilitas ( utility theory ), pengertian marginal utility , ancangan marginal utility dan indifference curve di mahir gajak konsumen, serta pengertian marginal rate of substitution . 1. TEORI UTILITAS. Pada bagian ini kita bakal mahir coret-coretan alas utilitas, pengertian marginal utility , serta the law of diminishing marginal utility . 1.1. Konsep Dasar Utilitas. Secara leksikal, kata utilitas ( utility ) dimaknai sebagai ‘the quality or state of being useful‘ ( www.merriam-webster.com ). Dalam hal ini, utilitas memberitahukan derajat kemanfaatan suatu objek. Sementara di ilmu ekonomi, konsep utilitas memberitahukan babak kegembiraan pelaku ekonomi tempat konsumsi barang/jasa

91 Media Sosial: Pengertian, Karakteristik Dan Jenis Jenis Media Sosial Jenis Sosial Media

Hohoho, bertemu kembali di "Indonesia Dalam Berita", artikel ini akan membahas tentang jenis sosial media 91 Media Sosial: Pengertian, Karakteristik dan Jenis Jenis Media Sosial simak selengkapnya 91 Media Sosial: Pengertian, Karakteristik dengan Jenis Jenis Media Sosial 1 (20%) 1 vote[s] Media Sosial: Pengertian, Karakteristik dengan Jenisnya Pengertian Media Sosial (Social Media) merupakan satu sarana ataupun sebagai got pertalian sosial interaksi menurut Online dilakukan pada dunia maya “Internet”. Para pemakai ataupun disebut sebagai User Sosial media melancarkan komunikasi, Interaksi, Kirim pesan serta bisa melancarkan saling berbagi (Share), ataupun membangun jaringan (networking). Saat ini hampir semua anak Adam melancarkan kegiatan bersosial media setiap harinya baik di gunakan untuk kebutuhan bisnis ataupun sekedar hiburan hubungan saja. Biasanya orang-orang hendak mencari mengenai definisi media sosial di Search Engine Google, adalah dengan mengetikan Keyword

5 Negara Ini Punya Kekuatan Untuk Membentuk Budaya Global Budaya Global

Allow, selamat malam di "Indonesia Dalam Berita", artikel ini akan dibahas mengenai budaya global 5 Negara Ini Punya Kekuatan untuk Membentuk Budaya Global simak selengkapnya Liputan6.com, Jakarta - Jika berbicara atas pengaruh global, tolak ukur yeng berderit-derit digunakan merupakan atas seberapa besar kekuatan militer, politik, dan ekonomi. Namun, untuk kaum negara, kekuatan budaya justru bakir melepaskan dampak yang lebih luas secara global. Baru-baru ini, lembaga peneliti sosial U.S. News and World Report merilis catatan kaliber daerah yang membentuk budaya global, di mana penilaiannya didasarkan pada faktor-faktor bagaikan kaki gengsi, trendi, indeks kebahagiaan, modernitas, dan kaum pembudidayaan idiosinkratis bagaikan industri lipuran misalnya. Dikutip dari BBC pada Minggu (8/7/2018), sebagian besar dari 10 daerah teratas di catatan kaliber tercantol berasal dari Eropa. Di luar kawasan tersebut, ada kaum daerah yang meraih predikat khusus, bagaikan Jep